Mustasyar PBNU Habib Zen Bin Umar Smith memberikan apresiasi kepada panitia peringatan satu abad Nahdlatul Ulama (NU) yang menyiapkan kegiatan fokus pada agenda digitalisasi.

Ketua Panitia Peringatan Satu Abad NU, Erick Thohir merancang agenda kegiatan bertajuk "NU Tech" dengan menggandeng korporasi Telkom dan Telkomsel, guna mendorong potensi digital dan menghasilkan inovasi untuk kemaslahatan umat. 

Habib Zen melalui keterangannya, Sabtu, mengatakan, agenda NU Tech tersebut sangat penting. Saat ini sudah memasuki era digital. Pemerintah sudah membangun jaringan "fiber optic" di seluruh Indonesia agar akses internet terhubung lebih merata. 

Baca juga: Gus Yahya: NU akan gelar dua kegiatan berskala Internasional
Baca juga: PBNU luncurkan program "1 Juta Vaksin Booster" jelang mudik Lebaran 2022

"Infrastruktur ini bagus bagi banyak kader NU yang ada di pedesaan. Namun, sebagus apapun infrastruktur tergantung pula pada kesiapan SDM agar fasilitas yang dimiliki tidak dinikmati pihak lain. Sangat baik jika NU mengisi peningkatan kualitas SDM dengan peningkatan pengetahuan digital dari pesantren-pesantren," ujar Habib Zen.

Habib Zen menilai, NU sebagai organisasi Islam terbesar di Indonesia maupun dunia, harus bisa memanfaatkan momentum perkembangan teknologi digital. 

Kemajuan umat di Indonesia, kata dia, mustahil terjadi tanpa kemajuan dari kader NU itu sendiri. "Sebab NU adalah organisasi Islam terbesar di Indonesia, bahkan terbesar di dunia saat ini," ujar Habib Zen. 

Baca juga: PBNU tegaskan ingin ikut serta bangun desain sosial IKN Nusantara

Sebelumnya, Ketua Panitia Peringatan Satu Abad NU, Erick Thohir, menjelaskan bahwa peringatan satu abad NU merupakan momen bersejarah mengingat  perjuangan NU dalam menjaga dan mengawal republik ini. 

Erick menyebut, NU ingin mendorong keberpihakan terhadap isu-isu terkini yang terkandung dalam program utama tersebut, salah satunya adalah disrupsi teknologi terkait perkembangan dunia digital.

Pewarta: Riza Harahap

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022