Badan Meteorologi,Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat di pesisir selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi di laut selatan Jabar-DIY hingga tiga hari ke depan.

"Berdasarkan analisis cuaca, tinggi gelombang 2,5-4 meter yang masuk kategori tinggi berpotensi terjadi hingga hari Minggu (19/6) di wilayah perairan selatan Jabar-DIY maupun Samudra Hindia selatan Jabar-DIY," kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo di Cilacap, Jateng, Jumat.

Bahkan, kata dia, tinggi gelombang di Samudra Hindia selatan Jabar-DIY atau laut lepas pada Sabtu (18/6) malam hingga Minggu (19/6) petang diprakirakan berkisar 4-6 meter yang masuk kategori sangat tinggi.

Baca juga: Puluhan perahu nelayan di Sukabumi rusak dan hilang diterjang gelombang tinggi
Baca juga: BMKG: Gelombang laut setinggi 3,5 meter berpeluang melanda selatan Pulau Sumba dan Sabu

Untuk tinggi gelombang di perairan selatan Jabar-DIY atau kawasan pantai pada periode Sabtu (18/6) malam hingga Minggu (19/6) petang diprakirakan berkisar 2,5-4 meter atau masuk kategori tinggi.

"Kami telah mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di perairan selatan Jabar-DIY dan Samudra Hindia selatan Jabar-DIY tersebut, sehingga masyarakat khususnya pengguna jasa kelautan diimbau untuk tetap waspada," katanya.

Sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar wilayah di Indonesia akan mengalami cuaca berawan pada Jumat.

Baca juga: BMKG pantau gelombang 1-4 meter berpotensi landa NTT

Berdasarkan informasi prakiraan cuaca yang disampaikan BMKG melalui laman www.bmkg.go.id di Jakarta, Jumat, cuaca berawan diprakirakan dialami oleh sejumlah daerah, yakni Serang, Bengkulu, Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Semarang, Palangka Raya, Pangkal Pinang, Lampung, Medan, Banjarmasin, Mamuju, Makassar, Ambon, Sofifi, dan Jayapura.

Cuaca di wilayah Surabaya berpotensi berawan tebal, sedangkan wilayah yang akan mengalami cuaca cerah berawan, yakni Banda Aceh, Tanjung Pinang, Padang, Gorontalo, Kupang, Palu, Manado, serta Manokwari.
 

Pewarta: Sumarwoto

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022