Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut sosok dua menteri baru yang dilantik Presiden Joko Widodo yakni Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan serta Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto merupakan sosok berpengalaman.

"Figur yang diangkat Presiden sudah pernah di kabinet, jadi sudah punya pengalaman," kata Airlangga Hartarto usai acara pelantikan dua menteri dan tiga wakil menteri baru di Istana Negara, Jakarta, Rabu.

Berkaitan dengan posisi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto yang berada di bawah koordinasi kementeriannya, Airlangga mengatakan dirinya sudah saling mengenal. "Tentu koordinasi akan baik," ujar Airlangga.

Dia juga menyampaikan bahwa dalam situasi ekonomi saat ini, dibutuhkan soliditas politik yang baik, agar tantangan ke depan bisa tertangani dengan lebih baik.

Menurutnya, soliditas politik itu sudah dibangun dan dijaga Presiden Joko Widodo selama ini.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan yang baru dilantik oleh Presiden Joko Widodo dalam perombakan (reshuffle) ketiga Kabinet Indonesia Maju menyatakan optimistis bisa segera menyelesaikan persoalan distribusi dan pengendalian harga minyak goreng yang setengah tahun terakhir tak kunjung teratasi.

"Saya kira background pengalaman saya yang panjang tentu akan banyak membantu nanti segera menyelesaikan ketersediaan minyak goreng di manapun dan harga terjangkau. Itu yang penting," kata Mendag Zulkifli Hasan kepada wartawan selepas pelantikan di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu juga mengapresiasi kinerja pendahulunya, Muhammad Lutfi, beserta Menteri Koordinator (Menko) Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang disebutnya sudah bekerja keras berusaha mengatasi persoalan tersebut.

Zulkifli Hasan menegaskan dirinya siap untuk bekerja sama dengan jajaran Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk melanjutkan upaya penyelesaian masalah ketersediaan dan pengendalian harga minyak goreng.

"Tentu kita akan bersama-sama nanti, sekali lagi agar masalah minyak goreng yang lama ini bisa kita selesaikan dengan cepat dan segera. Kalau berlama-lama kan kasihan rakyat. Itu saya kira prioritas," katanya.

 
Baca juga: Presiden lantik Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto jadi Mendag dan Menteri ATR/BPN
Baca juga: Seskab sebut perombakan 2 menteri dan 3 wamen melalui pertimbangan matang
Baca juga: Presiden panggil ketua umum PAN ke Istana di tengah isu "reshuffle" kabinet


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Airlangga Hartarto sebut Zulkifli dan Hadi Tjahjanto berpengalaman

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022