Jakarta (Antara Megapolitan) - Kompleks Jakabaring, Sumatera Selatan, dirancang menjadi lokasi pembangunan sirkuit baru yang akan digunakan untuk perhelatan MotoGP 2018.

"Setelah dipertimbangkan, besar kemungkinan MotoGP 2018 itu dilaksanakan di Jakabaring, Sumatera Selatan," kata Kepala Komunikasi Publik Kemenpora Gatot Dewa Broto, di Jakarta, Rabu.

Ia mengemukakan, sebelumnya Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) DKI Jakarta Firmansyah bertemu Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, guna membicarakan jumlah anggaran yang perlu disiapkan untuk pembuatan sirkuit di Tegal Alur, Jakarta. Tapi pihak DKI kemudian menyatakan keberatan mengenai jumlah dana yang harus dipenuhi.    

Atas masalah tersebut, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin kemudian bertemu Menpora Imam Nahrawi dan menyatakan kesiapannya membangun sirkuit baru di Jakabaring, luas tanahnya mencapai 120 hektar.

"Pak Alex menyatakan kesiapannya pada 2018 karena kalau 2017 waktunya sudah 'mepet', sedangkan pada 2017 belum kami putuskan lokasi MotoGP akan dilangsungkan di mana," ujarnya.

Perkembangan pembuatan lintasan balap permanen di Sumatera Selatan ini akan segera disampaikan kepada Dorna Sport yang merupakan pemegang hak komersial MotoGP.  

"Kalau ditanya anggarannya dari mana, bukan dari APBN, dan kata Pak Alex (Gubernur Sumatera Selatan) itu dari konsorsium, bisa dari sponsor atau swasta," ujarnya.

Pengumpulan dana melalui pihak swasta dilakukan karena terdapat beberapa kesepakatan yang ditetapkan pemerintah ketika Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah kejuaraan balap motor MotoGP 2017, salah satunya adalah tidak diperkenankan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Terkait dengan konsorsium tersebut, menurut Gatot, ketika bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi beberapa waktu lalu, Alex Noerdin tidak merinci mekanisme konsorsium yang akan dibuat pihaknya untuk mengumpulkan dana pembangunan sirkuit.

Namun, Pemerintah Sumatera Selatan telah menyatakan kesiapannya untuk memenuhi biaya pengadaan lintasan balap yang bakal digunakan untuk ajang balapan motor bergengsi dunia tersebut. 

Pewarta: Agita Tarigan

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016