Bupati Purwakarta, Jawa Barat, Anne Ratna Mustika menyampaikan momentum Hari Lahir Pancasila akan mengingatkan masyarakat bahwa Indonesia dibentuk dari keberagaman.

"Lahirnya Pancasila merupakan suatu ikatan untuk mengikat perbedaan," katanya disela peringatan Hari Lahir Pancasila di Purwakarta, Rabu.

Ia mengatakan, lahirnya Pancasila ini menjadi bagian dari suatu ikatan untuk mengikat perbedaan menjadi sebuah satu kesatuan atau Bhinneka Tunggal Ika.

Baca juga: Pesan Presiden Jokowi dari Ende, Kota kelahiran Pancasila
Baca juga: Presiden RI ajak anak muda bangsa untuk bumikan Pancasila

"Jadi betul-betul Pancasila itu menjadi ideologi bangsa yang mengikat seluruh perbedaan menjadi satu kesatuan, ini juga bagian dari momentum bahwa dengan persatuan dan kesatuan seluruh bangsa akan mewujudkan peradaban Indonesia di kancah dunia," kata dia.

Menurutnya, pada momentum Hari Lahir Pancasila ini masyarakat perlu bersama-sama menguatkan gotong-royong dan tidak ada lagi perselisihan karena perbedaan ras suku dan agama.

"Kita adalah satu kesatuan sebagai bangsa Indonesia dan itu akan lebih memudahkan kita untuk bangkit dari keterpurukan," katanya.

Baca juga: Yasonna H. Laoly: Pancasila sebagai perekat keberagaman Indonesia

Momentum Hari Lahir Pancasila di Purwakarta dihadiri para pegawai negeri sipil di lingkungan Pemkab Purwakarta. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022