Bogor (Antara Megapolitan) - Sesuai amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kemenko Maritim ditugaskan untuk mendorong percepatan pembangunan pada daerah-daerah berpotensi di Indonesia, termasuk di Provinsi Lampung.
 
Hal itu dikatakan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Republik Indonesia, Rizal Ramli saat menerima audiensi Gubernur Provinsi Lampung M.Ridho Ficardo di sela-sela acara Puncak Peringatan Hari Pers Nasional di Hotel Lombok Raya, Nusa Tenggara Barat, Senin malam (08/02/15).

Menuru Kemenko Maritim dan Sumber Daya kepada Gubernur Lampung "Masalah Anggaran untuk perkembangan pariwisata sebenarnya sudah besar, namun tersebar di enam puluh daerah di Indonesia, tahun ini untuk memaksimalkannya hanya sepuluh daerah saja yang kita perkirakan akan cepat pengembangannya" ujarnya.

Pada kesempatan itu, Rizal Ramli juga mengingatkan bahwa terdapat dua pesan penting yang selalu  dikatkan oleh Presiden Jokowi.
   
Dua pesan penting itu yakni, yang pertama event wisata maritim harus dikemas semenarik mungkin, dengan dirancang sedemikian rupa, sehingganya target dari kegiatan pariwisata tidak hanya dinikmati wisatawan lokal, tetapi juga event wisata maritim ini menjadi magnet bagi wisatawan internasional.

Kedua, event wisata maritim ini harus dijadikan sebagai upaya guna memepercepat pengembangan wilayah di mana daerah wisata itu berada, jadi tidak sekadar Ceremonial event semata, tetapi moment tersebut digunakan untuk memacu pertumbuhan ekonomi.


Paparan Gubernur Lampung

Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Lampung, Bayana, menginforamsikan, dalam kesempatan itu juga Gubernur Lampung Ridho Ficardo memaparkan tentang potensi wisata maritim yang ada di Provinsi Lampung.

"Provinsi Lampung selain memiliki daerah pantai yang cukup eksotis, juga memiliki suatu destinasi wisata yang akan terus dikembangkan untuk menjadi level Internasional, yakni Gunung Krakatau".

"Pemerintah Provinsi Lampung telah merancangkan event pariwisata "SAIL KRAKATAU", dimana kegiatan ini akan dilaksanakan berbarengan dengan Festival Krakatau yang sudah rutin dilaksanakan setiap tahun", ujarnya.

M.Ridho Ficardo mengharapkan pihak Kementerian Koordinator Maritim dan Sumber Daya Republik Indonesia memberikan support-nya atas kegiatan ini.

"Harapannya melalui event SAIL KRAKATAU menjadi satu lompatan percepatan pembangunan kemaritiman di Provinsi Lampung," katanya lagi.

Dalam tanggapannya, Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli mengatakan, akan membantu mendorong percepatan pembangunan di daerah yang mempunyai potensi seperti di Lampung.

"Dalam waktu dekat setelah kita menerima laporan perencanaan pengembangan potensi kemaritiman akan ditindaklanjuti secara menyeluruh," ucap Rizal Ramli menutup pertemuannya.

Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemeritah Provinsi Lmpung, Heriyansyah menambajkan, turut hadir dalam kesempatan tersebut, natara lain Deputi IV Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Budaya Maritim, Safri Burhanuddin, Penjabat Wali Kota Metro, Chrisna Putra, Penjabat Bupati Lampung Selatan, Kherlani, Kepala Dinas Pariwisata Choiria Pandarita.

Kemudian juga Kepala Dinas Kominfo Sumarju Saeni, Kepala Badan Perwakilan Ilyas Hayani Muda, serta para pejabat dari Kementerian Koordinator Maritim dan Sumber Daya Republik Indonesia. (R/Ant).
 

Pewarta: Humas Pemprov Lampung

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016