Sukabumi (Antara Megapolitan) - Palang Merah Indonesia Kota Sukabumi menggulirkan progam Kelurahan Donor Darah untuk memenuhi kebutuhan darah sekaligus meningkatkan peran serta masyarakat dalam kegiatan kemanusiaan ini.

"Program tersebut sangat penting dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran warga terhadap pentingnya donor darah guna memenuhi kebutuhan darah yang dalam setiap bulannya rata-rata mencapai 1.500 kantong darah," Ketua PMI Kota Sukabumi Suranto Sumowiryo di Sukabumi, Jumat.

Menurutnya, program Kelurahan Donor Darah ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran warga untuk senantiasa siap dan bersedia menjadi pendonor darah sukarela secara rutin untuk membantu sekaligus menyelamatkan nyawa orang lain yang membutuhkan darah.

Program Kelurahan Donor Darah ini sudah mulai dilaksanakan dan Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole dijadikan daerah percontohan. Bahkan hingga kini ada ada 11 kelurahan lainnya yang sudah siap melaksanakan program tersebut.

"Walaupun demikian, setiap darah yang kami kumpulnya akan kembali menjalani pemeriksaan laboratorium untuk antisipasi adanya darah yang tidak sehat atau terjangkit penyakit menular berbahaya seperti HIV dan Hepatitis," tambah Suranto.

Sementara, Ketua Persatuan Donor Darah Indonesia (PDDI) Kota Sukabumi Achmad Fahmi menyambut baik program yang digulirkan oleh PMI tersebut.

"Program ini sangat positif dan besar manfaatnya bagi masyarakat khususnya yang membutuhkan darah," kata dia.

Untuk itu, dirinya yang juga menjabat sebagai Wakil Wali Kota Sukabumi, melalui pemkot akan berupaya membantu dan mendorong seluruh lapisan warga untuk bersama-sama peduli sekaligus menyukseskan program Kelurahan Donor Darah ini.

"Semakin banyak warga yang mendonor darah, maka akan semakin banyak nyawa yang tertolong. Dan dengan melakukan donor darah secara rutin juga bisa menyehatkan tubuh kita," katanya.

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016