Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menargetkan kunjungan wisatawan ke objek wisata di kabupaten tersebut mencapai 30 orang pada libur Lebaran 2022.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika di Purwakarta, Kamis (5/5), menyampaikan di momentum Lebaran tahun ini mobilitas masyarakat cukup tinggi untuk mendatangi kawasan wisata.

"Hal ini sebagai tanda kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di masa pandemi COVID-19 yang semakin terkendali," katanya.

Seiring dengan itu, Pemkab Purwakarta menargetkan 30 ribu wisatawan dapat berkunjung ke tempat-tempat wisata yang tersebar di seluruh wilayah Purwakarta pada libur Lebaran ini.

Anne mengatakan, pihaknya bersama semua pihak terkait akan terus memperkuat komunikasi dan koordinasi agar pada libur Lebaran 2022 menjadi momentum kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Bupati sendiri telah melakukan monitoring ke sejumlah destinasi wisata di daerahnya. Hal itu dilakukan untuk memastikan kalau pengelola menerapkan protokol kesehatan dan melihat langsung realisasi kunjungan wisata di daerahnya.

Ia juga memastikan masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan secara disiplin dan untuk memastikan pihak pengelola destinasi telah mengawasinya dengan ketat. Prokes yang harus selalu diterapkan terutama memakai masker.

Pihak pengelola kawasan wisata juga diharapkan dapat menjaga keberlanjutan lingkungan atau environmental sustainability di kawasan wisata, dan menjadi fokus utama dalam mengembangkan sektor pariwisata ke depan.

"Pelaku wisata dan ekonomi kreatif agar tidak memanfaatkan momentum libur lebaran ini secara berlebihan, dengan menaikkan harga produk yang terlampau tinggi," kata dia.

Menurut dia, pada momentum libur lebaran ini, hampir semua tempat wisata dipadati oleh pengunjung yang mengisi waktu liburannya.

Baca juga: Desa Wisata Purwakarta raih penghargaan dari Kemenparekraf
Baca juga: Kampung Tajur Purwakarta masuk 100 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022