Petugas mengevakuasi Kapal Motor Bina Karya yang mengangkut 140 orang wisatawan tujuan Pulau Pramuka Kepulauan Seribu untuk kembali ke Dermaga Kali Adem, Jakarta Utara, karena mengalami kerusakan.

"Kapal motor Bina Karya dievakuasi dan ditarik kembali menuju Dermaga Kali Adem menggunakan kapal kerja milik Dinas Perhubungan DKI," kata Kepala Polsek Kawasan Sunda Kelapa Komisaris Polisi Seto Handoko di Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan, dalam perjalanan ke Pulau Pramuka Kepulauan Seribu, KM Bina Karya sampai di perairan pulau reklamasi, yakni Pulau G, mengalami kerusakan pada sekitar pukul 09.30 WIB.

Kapal yang mengalami kerusakan kemudi itu kemudian dibantu oleh Kapal Kerja Dinas Perhubungan DKI untuk ditarik ke dermaga asal yakni Dermaga Kali Adem.

"Untuk penumpang saat ini masih menunggu kapal pengganti yang akan memberangkatkan kembali ke Pulau Pramuka," tutur Seto.

Dia menjelaskan pemilik kapal menyiapkan dua kapal pengganti, yakni KM Raksasa dan KM Pesona Alam.

"Untuk keberangkatannya masih menunggu di antara dua kapal alternatif yang disiapkan, kapal mana yang sandar lebih dahulu untuk membawa penumpang dari KM Bina Karya," ucapnya.

Untuk mengantisipasi kepadatan penumpang dampak dari insiden itu, pihaknya melakukan pengawasan agar situasi pelayaran menuju Pulau Seribu tetap kondusif.

"Meningkatnya masyarakat yang akan berwisata ke Pulau Seribu, Polsek Kawasan Sunda Kelapa tetap mengawasi agar situasi tetap kondusif," ujar Seto.

Baca juga: Kepulauan Seribu unggulkan Pulau Panggang di Anugerah Desa Wisata
Baca juga: Menhub pantau Pelabuhan Kali Adem pastikan prokes berjalan baik

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022