Bupati Sijunjung, Sumbar, Benny Dwifa Yuswir studi banding pengembangan Geopark Ciletuh di Kabupaten Sukabumi, Jabar,  dalam rangka persiapan Geopark Silokek, Kabupaten Sijungjung menjadi Unesco Global Geopark.

"Kami sengaja datang langsung ke Kabupaten Sukabumi untuk belajar kepada Pemkab Sukabumi terkait persiapan Unesco Global Geopark Silokek," kata Benny di Sukabumi, Rabu.

Menurut Benny , Geopark Ciletuh jauh lebih dulu ditetapkan sebagai Global Geopark oleh Unesco dan saat ini menyandang gelar Unesco Global Geopark Ciletuh Palabuhanratu.

Tentunya, pihaknya harus banyak belajar ke Pemkab Sukabumi bagaimana cara pengelolaan geopark mulai dari persiapan, kemudian ditetapkan sebagai global geopark oleh Unesco.

Selain itu, kedatangan Bupsti Sijunjung juga untuk membuat nota kesepahaman atau MoU dengan Pemkab Sukabumi yang merupakan kerja sama serta berbagi informasi dan ilmu terkait global geopark.

"Kami harus banyak belajar karena seperti diketahui Geopark Ciletuh Palabuhanratu hanya dengan waktu yang cukup singkat bisa menyandang status global geopark dari Unesco dan diharapkan kerja sama ini juga bisa mempercepat Geopark Silokek berstatus Unesco Global Geopark," katanya.

Benny mengaku untuk mendapatkan gelar tersebut tentu tidak mudah, apalagi Unesco menetapkan suatu geopark menjadi global geopark dengan melakukan penilaian dan seleksi yang sangat ketat.

Di sisi lain, ia menyebutkan objek wisata Silokek memiliki alam wisata luar biasa dan juga lengkap mulai dari wisata pantai, pegunungan hutan dan lainnya serta kondisi alamnya masih asri yang dipadukan kekuatan budaya Minangkabau sehingga mampu menarik kedatangan wisatawan dalam hingga luar negeri. 

Sementara, Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mengatakan kedatangan Bupati Sijunjung ini untuk mempererat kerjasama dalam pengembangan geopark dan ke depannya Geopark Silokek bisa menjadi mitra Geopark Ciletuh Palabuhanratu dalam berbagai upaya pengembangan dunia wisata serta perekonomian.

"Tentunya kami siap membantu Pemkab Sijunjung dalam persiapan Unesco Global Geopark Silokek, tentunya kami pun tetap berupaya agar Geopark Ciletuh Palabuhanratu tetap menyandang status Unesco Global Geopark," kata Iyos yang juga  Ketua Badan Pengelola Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp).

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022