Sebanyak 625 personel gabungan meliputi unsur Polri, TNI, dan pemerintah daerah terlibat dalam pengamanan kegiatan  International Youth Championship (IYC) yang diselenggarakan di 
Jakarta International Stadium (JIS)  pada 13-19 April 2022.

Kepala Bagian Operasi Kepolisian Resor Metro Jakarta Utara Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Rahmat Eko Mulyadi mengatakan penjagaan disebar dari awal titik keberangkatan, pengawalan, hingga akses masuk pemain, dan tamu undangan.

"Tidak ada kendala yang dihadapi, sementara aman-aman saja. Petugas pengamanan sebanyak 625 personel. Dari Polri sekitar 300 personel, serta dari TNI dan pemerintah daerah 325 personil," kata Eko kepada wartawan di Jakarta Utara, Rabu.

Eko memerinci, jumlah personel dari Polres Metro Jakarta Utara sebanyak 101 orang, termasuk personel yang berjaga dari titik akomodasi di Jakarta Pusat. Kemudian dari Polda Metro Jaya sebanyak 199 personel, TNI sebanyak 20 orang, dan 325 lainnya gabungan dari Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan serta Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

Dia menambahkan, pengamanan di sisi barat stadion akan lebih diperketat. Sebab di sana paling banyak digunakan untuk akses masuk pemain dan tamu undangan.

"Jadi di sisi barat lebih utama. Sisi lain tetap kami tempatkan personel, tapi tidak sebanyak di sisi barat. Fokusnya ke sisi barat karena pintu masuk dan keluarnya dari situ," kata Eko.

Sedangkan untuk warga Jakarta yang berminat menonton pertandingan namun belum menerima undangan, sementara belum diperkenankan menonton secara langsung di dalam stadion.

"(Kalau ada yang datang namun belum dapat undangan) Kami berikan imbauan secara persuasif bahwa ini masih dalam rangka uji coba penggunaan stadion," kata Eko.

AKBP Rahmat Eko Mulyadi mengatakan pengamanan berlangsung rutin selama sembilan hari. "Sampai sembilan hari ke depan," kata Eko.

Adapun bentuk kesiapsiagaan yang dilakukan sama seperti pengamanan rutin di stadion. Eko memastikan tetap akan ada pemeriksaan terhadap para tamu undangan sehingga diharapkan tidak membawa barang-barang berbahaya yang dapat mengganggu kenyamanan dan pelaksanaan pertandingan.

"Dilakukan penyaringan (filterisasi) dari pemda dan panitia, sementara hanya penonton yang mendapatkan undangan yang bisa masuk," kata Eko.

Baca juga: LRT Jakarta siapkan rute integrasi Pegangsaan Dua menuju JIS
Baca juga: Jakarta International Stadium buat resapan air hujan

Pewarta: Abdu Faisal

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022