Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga berkomitmen terus memantau dan memastikan harga pangan terjangkau dan ketersediaannya cukup pada Ramadhan 1443 Hijriah/2022 Masehi dan jelang libur panjang Lebaran 2022.
 
"Saya hampir setiap hari ke pasar. Keliling kita, kita memastikan dari pedagang-pedagang karena kita komit ingin memberikan dan memastikan bahwa harga dan stok terjangkau dengan baik," kata Jerry kepada wartawan usai meninjau harga pangan di Pasar Baru Bogor, Selasa.
 
Jerry mengatakan komitmen tersebut bukan hanya bagi pemerintah pusat, melainkan juga pemerintah daerah termasuk Kota Bogor untuk mematikan stok bahan pokok pangan terkendali dan aman.
 
Baca juga: Wamendag tinjau harga pangan jelang Lebaran di Pasar Baru Bogor
 
Sejumlah stok dan juga harga pangan seperti minyak goreng, daging sapi dan ayam, cabai, bawang dan terigu tersedia cukup baik.
 
Dia menyampaikan hasil peninjauan di Pasar Baru Bogr, ketersediaan barang cukup banyak. Hanya saja ada sejumlah bahan pangan yang mengalami fluktuasi harga yang masih dalam batas wajar pada situasi jelang Ramadhan.
 
Harga-harga bahan pokok dengan naik turun harga tidak terlalu signifikan antara lain terpantau hari ini, kata Jerry, harga telur ayam Rp24.00 per kilogram, gula pasir Rp14.000 per kilogram.
 
Baca juga: Wamendag segera pastikan distributor jual minyak goreng curah di bawah HET
 
Daging ayam Rp35.000 per kilogram, cabai rawit Rp40.000 per kilogram, dan cabai merah keriting Rp35.000 per kilogram, bawang merah Rp32.000 per kilogram dan bawang putih Rp30.000 per kilogram.
 
Sementara harga daging sapi bertahan Rp140.000 per kilogram selama satu minggu Ramadhan ini, yang seharusnya dijual Rp115.000 hingga Rp125.000 pada hari-hari biasa.
 
Kemudian, harga minyak goreng kemasan masih di kisaran Rp25.000/liter dan minyak goreng curah Rp20.000/liter.
 
Baca juga: Legislator minta Pemerintah pastikan harga pangan tak naik saat Ramadhan dan Idul Fitri
 
Wamendag juga memastikan bahwa pengawasan Satgas Pangan dan TNI maupun Polri akan terus dilakukan hingga Lebaran 2022.
 
Upaya pemerintah bekerja sama dengan seluruh mitra atau stakeholder untuk memastikan distributor agar mengirim dan menjual bahan pangan, khususnya minyak goreng dengan harga terjangkau.
 
"Ini bentuk salah satu bagaimana komitmen sekali lagi, harga itu diawasi dengan baik ya," ujarnya.

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022