Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sukabumi (FH UMMI) menggandeng Pengurus Daerah Ikatan Notaris Indonesia (INI) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, untuk meningkatkan kualitas dan pemahaman para mahasiswa di bidang kenotariatan yang mengambil jurusan tersebut.

"Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU antara FH UMMI dengan Pengda INI Kabupaten Sukabumi. Kegiatan ini merupakan kerja sama pendidikan, penelitian, dan pengabdian di bidang kenotariatan," kata Dekan FH UMMI Ujuh Juhana MH di Sukabumi, Sabtu.

Menurut Uluh, FH UMMI yang menyelenggarakan pendidikan profesi hukum menilai kerja sama ini perlu dilaksanakan agar mahasiswa dan mahasiswi dapat tersertifikasi, karena pihaknya tidak berhak mengeluarkan sertifikat.

Baca juga: Mahasiswa UMMI edukasi pelajar SMK tentang manajemen keuangan
Baca juga: Mahasiswa Perikanan UMMI gelar bazar sekaligus promosikan produk olahan hasil perikanan

Ia menambahkan surat keterangan pendamping ijazah (SKPI) sangat penting dalam pendidikan profesi hukum salah satunya mahasiswa diberi pilihan untuk mengikuti pendidikan profesi notaris.

Kerja sama yang dilakukan dengan institusi dari luar kampus memang sudah terencana dan terlaksana dalam setiap tahunnya, namun FH UMMI merasa belum maksimal karena pihaknya ingin terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pemahaman sehingga setelah lulus nantinya bisa menjalankan profesinya dengan baik, berkualitas, dan profesional.

Sebelumnya, pihaknya juga telah melakukan hal serupa yakni bekerja sama dengan Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) dan hingga kini sudah menjalankan beberapa program seperti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA).

Baca juga: Dosen UMMI terpilih jadi pembicara FGD PKM perguruan tinggi se-Jabar Banten

"Berbagai program sudah kami jalani bersama mitra kerja sama seperti PKPA dengan Peradi, sedangkan kolaborasi antara FH UMMI bersama INI Kabupaten Sukabumi berkaitan dengan profesi kenotarisan," tambahnya.

Ujuh mengatakan kerja sama ini pun untuk mendukung berbagai rencana kegiatan yang sudah disusun sebelumnya yang tentunya dalam pelaksanaannya pihaknya membutuhkan mitra dari berbagai profesi di bidang hukum.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022