Destinasi wisata Kampung Tajur, Desa Pasanggrahan Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jabar yang mengusung konsep desa wisata meraih penghargaan dari Kemenparekraf.

Bupati setempat Anne Ratna Mustika, di Purwakarta, Kamis mengatakan Desa wisata adalah suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku.

Kampung Tajur Purwakakarta yang dikenal dengan Desa Wisata Kampung Tajur kini telah mendapatkan penghargaan sebagai 100 Besar Desa Wisata Terbaik Tingkat Nasional dan Desa Binaan Kemenparekraf RI pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Baca juga: Kampung Tajur Purwakarta masuk 100 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

"Tentu ini menjadi hal yang membanggakan. Untuk itu saya menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap jajaran pemerintahan dan warga Desa Pasanggrahan serta pengelola pariwisata di wilayah ini," katanya dalam siaran pers di Purwakarta.

Menurut dia, ada dua piagam yang diberikan, yakni penghargaan kepada Pemerintahan Desa Pasanggrahan dan kepada pengelola wisata desa.

"Kita ketahui bersama bahwa Desa Pasanggrahan mempunyai wisata unggulan yang berbasis budaya atau kearifan lokal," kata dia.

Baca juga: Purwakarta akan tambah lagi desa wisata

Disebutkan kalau di desa itu terpenuhi semua unsur wisata yang memiliki daya tarik wisata seperti wisata alam, budaya dan wisata buatan dalam satu kawasan tertentu, dengan didukung oleh atraksi, akomodasi, dan fasilitas lainnya.

"Semuanya terintegrasi untuk mengangkat keunikan dan kearifan lokal sebagai pariwisata," kata bupati.

Sementara itu, Anugerah Desa Wisata Indonesia itu sendiri merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa-desa wisata yang memiliki prestasi berdasarkan tujuh kategori penilaian.

Baca juga: Pemkab Purwakarta kembangkan desa wisata Kampung Tajur

Kategori tersebut ialah penerapan cleanliness (kebersihan), healthy (kesehatan), safety (keamanan) dan environment sustainability (kelestarian lingkungan) atau CHSE.

Berdasarkan penilaian tersebut Desa Wisata Kampung Tajur berhasil masuk 100 Besar dari 1.831 desa wisata yang tersebar di seluruh Indonesia yang terdaftar pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022