Tangerang (Antara Megapolitan) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Proyek Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta yang sudah mulai dikerjakan dapat selesai pada 2017 dan kereta jalur tersebut dapat mulai beroperasi paling lambat semester I tahun 2017.

"Pengerjaan proyek kereta bandara sudah dimulai dari awal tahun termasuk pembebasan lahan sudah mulai, Februari nanti sudah selesia pembebasan lahannya, dan nanti pada semester I 2017 sudah bisa kita pakai atau naiki," kata Presiden.

Kepala Negara menyampaikan hal itu kepada wartawan usai peninjauan ke lokasi pembangunan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten, Senin.

Presiden menyebutkan jaringan KA itu akan menghubungkan Jakarta yaitu di Stasiun Manggarai hingga Bandara Soekarno-Hatta.

"Nanti waktu tempuhnya sekitar 40 menit, tadi saya lewat tol yang tiap hari macet. Ini merupakan solusi transportasi dari Jakarta ke bandara," katanya.

Ia menyebutkan semeter I 2017 proyek tersebut harus selesai karena jaraknya tinggal 12 km dari Batu Ceper.

Presiden menyebutkan setelah Manggarai-Bandara Soekarno-Hatta selesai akan dilanjutkan dengan pengerjaan rute dari Stasiun Kota Jakarta ke Bandara Soekarno-Hatta.

"Daerah yang sudah padat seperti dari Kota harus tersambung dengan transportasi massal," katanya.

Ia menyebutkan tahun 2016, akan dimulai pengerjaan proyek KA Bandara lintas Kota ke Bandara Soekarno-Hatta melalui Pluit.

"Insya Allah tahun depan. Ini nanti juga terhubung dengan LRT, sudah ada interkoneksi," katanya.

Selain kereta bandara di Kualanamu dan Jakarta, menurut Presiden, sarana serupa nantinya juga akan dibangun di kota lain seperti Palembang dan Padang.
    

Pewarta: Agus Salim

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015