Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, akan membuat jalur sementara bagi warga yang terisolasi akibat peristiwa pergerakan tanah yang mengakibatkan jembatan putus di Desa Sukamukti, Kecamatan Maniis, Purwakarta.

"Setelah kejadian bencana itu, kami langsung melakukan penanganan sementara dengan membuat jalur alternatif," kata Kepala BPBD Purwakarta, Juddy Herdiana saat dihubungi di Purwakarta, Selasa.

Ia mengatakan, pembuatan jembatan sementara dilakukan secara gotong royong oleh aparat desa, aparat kecamatan, pemkab serta jajaran TNI/Polri.

Baca juga: Tangani bencana pergerakan tanah, Pemkab Purwakarta siapkan anggaran Rp300 juta

Hal tersebut dilakukan sebagai alternatif, dan selanjutnya penanganannya dilakukan oleh dinas teknis di lingkungan Pemkab Purwakarta.

Jembatan di Desa Sukamukti, Kecamatan Maniis, itu sendiri putus akibat longsor yang dipicu tingginya intensitas hujan selama beberapa hari terakhir.

Catatan BPBD Purwakarta jembatan itu putus akibat terjadinya pergerakan tanah di daerah tersebut.

Baca juga: Pemkab Purwakarta bangun akses masyarakat Sukasari

Peristiwa itu, kata Juddy Herdiana, dipicu tingginya intensitas hujan selama beberapa hari terakhir di wilayah Purwakarta.

Sementara itu, Dedi Mulyadi, anggota DPR RI Dapil Purwakarta, Karawang dan Bekasi mengaku sudah mengecek lokasi jembatan yang putus di daerahnya.

Ia menyebutkan, setelah ditelaah, jembatan tersebut putus akibat pergerakan tanah yang tidak tertahan karena ketiadaan pepohonan di sekitarnya.

Baca juga: Purwakarta alokasikan anggaran Rp11 miliar bangun jembatan di wilayah terpencil

Karena itu, ia menyarankan agar sebelum dibangun jembatan baru, akar masalah tersebut harus diselesaikan terlebih dahulu untuk menghindari peristiwa yang sama.

"Pepohonan harus tumbuh dengan akar yang kuat agar menahan posisi tanah supaya tidak bergeser," demikian Dedi Mulyadi.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022