PT Pupuk Kujang menjamin stok pupuk subsidi aman untuk memenuhi kebutuhan pada musim tanam awal tahun ini.

“Kami sebagai produsen menjamin ketersediaan pupuk bersubsidi sesuai kebutuhan alokasi di seluruh wilayah distribusi Pupuk Kujang,” kata Ibrahim Herlambang, VP Komunikasi Perusahaan PT Pupuk Kujang di Karawang Jumat.

Ia mengatakan, para petani di wilayah Karawang yang sudah terdaftar dalam e-RDKK bisa segera mendatangi kios resmi terdekat untuk  membeli pupuk bersubsidi dengan harga normal.

“Beberapa waktu lagi, petani di wilayah Karawang ada yang mulai menanam padi. Karena itu, bisa segera membeli pupuk di kios resmi karena stok sangat tersedia,” katanya.

Baca juga: Kebutuhan pupuk bersubsidi di Karawang selama setahun 110.528 ton
Baca juga: PT Pupuk Kujang berhasil lampaui target capaian Program Makmur

Terkait dengan kebutuhan pupuk di wilayah Karawang, Dinas Pertanian setempat telah menerbitkan surat keputusan alokasi pupuk bersubsidi tahun 2022.

Berdasarkan SK alokasi tersebut, pada tahun ini Karawang akan mendapat pupuk bersubsidi sebanyak 110.528 ton.

Rinciannya adalah sebanyak 64.060 ton pupuk Urea, SP-36 314 ton, NPK 26.362 ton, Organik cair sebanyak 10.783 liter dan organik granul sebanyak 8.998 ton.

Baca juga: Pemilik kios di Karawang keluhkan ketidaksesuaian pendistribusian pupuk ke Mentan

Berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian nomor 49 tahun 2020 tentang Alokasi dan Harga Eceran Tertinggi Pupuk Bersubsidi. Pupuk Kujang selaku produsen baru bisa menyalurkan pupuk ketika SK Alokasi di suatu daerah sudah terbit.

“Penyaluran pupuk bersubsidi untuk Karawang tahun ini kami upayakan maksimal karena SK Alokasi keluar tepat waktu. Kami support Pupuk Indonesia dengan menyalurkan pupuk dengan lancar dan tepat,” kata Ibrahim. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022