Sukabumi (Antara Megapolitan) - Sejumlah pohon di Kota Sukabumi, Jawa Barat tumbang akibat hujan deras disertai angin kencang yang terjadi sejak Sabtu sore hingga malam hari.

Informasi dari petugas Dinas Pengelolaan Persampahan, Pertamanan dan Pemakaman (DP4) Kota Sukabumi, ada enam pohon tumbang di lima titik berbeda.

Namun pohon tumbang yang paling besar jenis Ciangsana berada di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cikole yang mengakibatkan ranting dan batang pohon menimpa kabel listrik, tapi pada peristiwa ini tidak ada korban jiwa.

"Pohon yang tumbang bukan karena sudah tua atau keropos batangnya, tetapi kencangnya tiupan angin mengakibatkan akar pohon tidak mampu menahannya," kata Kepala DP4 Kota Sukabumi, Lilis Astri saat meninjau lokasi pohon tumbang, Sabtu.

Menurutnya, selain di Jalan Suryakencana, pohon tumbang akibat diterpa angin kencang juga terjadi di Jalan Bayangkara dan Jalan Ir H Juanda.

Hingga saat ini petugas masih membersihkan batang pohon dan ranting agar tidak mengganggu fasilitas umum dan untung batangnya dia menginstruksikan untuk dipotong.

Lebih lanjut, pihaknya sudah melakukan antisipasi pohon tumbang sejak memasuki musim penghujan, seperti memangkas pohon yang sudah keropos, bahkan menebang pohon yang rawan tumbang dan diganti dengan pohon yang masih muda dan tahan terhadap hempasan angin kencang.

"Kami sudah melakukan berbagai upaya, namun cuaca dan musibah tidak bisa dicegah. Tapi, kami sudah menginstruksikan kepada petugas pertamanan untuk terus memeriksa satu persatu kondisi pohon yang ada," tambahnya.

Sementara, salah seorang warga Nurul Ilmaya mengatakan untungnya saat kejadian jalan raya sepi dari kendaraan sehingga saat tumbang ke badan jalan tidak ada korban. Hujan deras dan angin kencang intensitasnya cukup lama, sejak sore dan baru berhenti menjelang malam.

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015