Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suntana mengapresiasi warga Kabupaten Sukabumi yang membantu menyukseskan program vaksinasi COVID-19 dibuktikan dengan tingginya angka capaian vaksinasi hingga pertengahan Januari 2022 di daerah itu.

"Luar biasa, Kabupaten Sukabumi yang merupakan daerah terluas kedua di Pulau Jawa dan Bali ini tingkat capaian vaksinasi dosis pertama sebesar 75 persen dari target sasaran atau sudah melewati standar nasional, bahkan vaksinasi terhadap warga yang lanjut usia melewati angka seratus persen," katanya saat meninjau kegiatan Gebyar Vaksinasi Merdeka Anak di SD IT Cendekia Insani Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jumat.

Ia menambahkan vaksinasi bagian pencegahan penyebaran COVID-19, menjaga kesehatan, serta meningkatkan kekebalan komunal dari penularan virus itu.

Baca juga: Polres Sukabumi targetkan seluruh nelayan dapatkan vaksinasi COVID-19

Tentunya, katanya, tingginya angka capaian vaksinasi di Kabupaten Sukabumi tidak terlepas dari peran masyarakat yang semakin peduli dan sadar tentang bahaya COVID-19.

Jendral polisi bintang dua itu juga mengapresiasi kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Kodim 0622/Sukabumi, Polres Sukabumi, komunitas, badan atau lembaga usaha, dan relawan dalam upaya mempercepat pemberian vaksin untuk masyarakat.

Menurut Suntana, dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19, apalagi saat ini terdapat varian Emicron, tentu harus ada kolaborasi antarelemen masyarakat.

Selain itu, katanya, edukasi terkait dengan bahaya pandemi dan pencegahan penularan virus yang tidak henti-hentinya digaungkan, agar masyarakat tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Kabupaten Sukabumi akhirnya menyandang status PPKM level I

Ia meminta warga, termasuk yang sudah divaksin, tetap menerapkan protokol kesehatan, antara lain menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menghindari kerumunan.

"Kami berharap dengan semakin tingginya angka capaian vaksinasi untuk masyarakat maka kekebalan kelompok bisa segera terbentuk, sehingga masyarakat Kabupaten Sukabumi tetap sehat dan bisa menjalankan kegiatan secara normal agar ekonomi kembali tumbuh," katanya.

Bupati Sukabumu Marwan Hamami mengatakan tingginya capaian vaksinasi selain Pemkab Sukabumi fokus pelaksanaan program vaksinasi, juga mendapatkan dukungan serta bantuan dari berbagai pihak baik, seperti Polri, TNI, komunitas, dan badan usaha.

Program vaksinasi akan terus dilaksanakan hingga seluruh warga tervaksin COVID-19, sedangkan saat ini fokus vaksinasi tidak hanya untuk remaja dan masyarakat dewasa, tetapi juga anak 6-11 tahun.

Baca juga: Cegah penyebaran COVID-19 di sekolah, ratusan pelajar SMK divaksinasi

"Diharapkan pemberian vaksin untuk anak usia 6-11 tahun bisa berjalan lancar segera mencapai target, kami pun meminta dukungannya dari para orang tua agar anaknya bisa menjalankan vaksinasi," katanya.

Dalam kunjungan kerjanya ini, Kapolda Suntana didampingi Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Dandim 0622/Sukabumi Letkol Inf Anjar Ari Wibowo, dan Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah. 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022