Jakarta (Antara Megapolitan) - Turki akan menjadikan Jakarta, Indonesia sebagai pusat pemberitaan dari Asia Tenggara dengan bekerjasama pertukaran berita dengan LKBN Antara, kata Duta Besar Turki untuk Indonesia Zekeriya Akcam.

"Salah satu rencana kami menjadikan Jakarta pusat operasi di Asia Tenggara," ujar dia usai penandatanganan kerja sama LKBN Antara dengan Kantor Berita Turki Anadolu di Jakarta, Sabtu.

Ia menuturkan ASEAN akan menjadi lebih efisien setelah 2015 dengan adanya Masyarakat Ekonomi ASEAN sehingga Jakarta dapat menjadi pusat pemberitaan untuk kawasan.

Selain berita dari negara-negara ASEAN, menurut Dubes, ia juga mengharapkan berita dari Timor Leste dan Australia dari Indonesia.

"Antara-Anadolu juga akan bertukar berita langsung tentang kawasan Timor Leste, Australia, Filipina dan myanmar melalui kerja sama ini," ujar dia.

Menurut Dubes Zekeriya, selama ini Turki mendapat berita kawasan ASEAN dari Eropa dan tidak pernah langsung sehingga sering terjadi kesalahan persepsi atas negara-negara ASEAN oleh masyarakat Turki.

Dengan pertukaran berita langsung, ia berharap masyarakat Turki akan mendapatkan informasi dan persepsi yang lebih tepat.

Sementara untuk kerja sama dengan Indonesia yang baru dilakukan, menurut dia, karena sebelumnya Turki lebih fokus dengan kawasan yang dekat dengan kawasan Turki, yakni Eropa, Afrika, Timur Tengah, Asia Timur dan kini baru merambah Asia Tenggara.

Melalui kerja sama itu, Indonesia juga akan mendapatkan berita seputar Asia Tengah, Eropa serta Afrika dari Turki yang pemberitaannya meliputi kawasan tersebut.  
    

Pewarta: Dyah Dwi Astuti

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015