Masyarakat dan kelompok nelayan bersama jajaran TNI di wilayah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, gotong-royong membersihkan eceng gondok di perairan Waduk Jatiluhur.

Komandan Sektor 14/CH Kolonel Inf Abdullah, di Purwakarta, Kamis mengatakan kegiatan pengangkatan eceng gondok tersebut adalah bagian dari kegiatan Citarum Harum. 

Rencananya kegiatan Karya Bakti pengangkatan eceng gondok ini jadwalkan secara rutin setiap Kamis setiap pekannya disamping tugas-tugas lainnya yang dilaksanakan setiap hari.

"Kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat sekitar Waduk Jatiluhur dalam menanggulangi penyebaran eceng gondok yang sangat cepat. Sehingga dapat segera membersihkan wilayah perairan Waduk Jatiluhur dari pesatnya perkembangan eceng gondok," katanya. 

Ia juga berharap agar para Dansub Sektor 14 bersama-sama dengan instansi terkait lainnya dan warga agar bekerjasama untuk merawat wilayah perairan Waduk Jatiluhur. 

Tujuannya ialah terbentuknya Satgas Citarum Harum demi mewujudkan DAS Citarum kembali bersih dan harum.

Menurut dia, dengan mengajak seluruh kalangan yang ada, para Dansub Sektor diharapkan bersama-sama bahu-membahu dalam menjaga kelestarian alam, khususnya wilayah perairan Waduk Jatiluhur.

"Kerja bakti yang dilakukan bersama ini, harapannya dapat membentuk kemanunggalan TNI khususnya Satgas Citarum Harum sektor 14 dengan rakyat dapat terjalin dengan baik, sehingga tujuan terciptanya wilayah Sungai Citarum yang bersih dan harum akan benar-benar terwujud," katanya.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021