PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat menanamkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada anak usia dini yang bersekolah di kawasan Unesco Global Geopark Ciletuh Palabuhanratu.

"Kami menggelar kampanye PHBS ke delapan sekolah dasar yang ada di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu bertujuan agar sejak usia dini anak/pelajar sudah terbiasa berperilaku hidup bersih dan sehat," kata Direktur Utama Jamkrindo Putrama Wahju Setyawan di Sukabumi, Rabu.

Menurut Wahju, kampanye PHBS yang digelar secara serentak di delapan SD tersebut merupakan salah satu program perusahaan yang sebelumnya telah menginisiasi berbagai program strategis untuk mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG’s) seperti kampanye anti sampah plastik dan pemberdayaan masyarakat.

Pada kegiatan ini para pelajar diberikan edukasi untuk meningkatkan literasi kesehatan agar terbiasa berperilaku hidup bersih dan sehat khususnya di lingkungan sekolah, apalagi saat ini pembelajaran tatap muka sudah kembali dilaksanakan di masa pandemi COVID-19. 

Kampanye gaya hidup sehat ini untuk anak usia dini, PT Jamkrindo menerjunkan para milenialnya agar bisa terlibat langsung di lapangan atau tengah masyarakat. Milenial Jamkrindo merupakan Officer Development Program (ODP) dan Peserta Program Magang Bersertifikat (PMMB).

"Kampanye untuk memberikan edukasi kepada pelajar SD ini agar sejak usia dini sudah tertanam dalam jiwanya untuk selalu berperilaku hidup bersih dan sehat serta selalu menerapkan PHBS di mana pun berada hingga dewasa nanti. Gaya hidup seperti penting dilaksanakan setiap harinya untuk melindungi diri dari berbagai serangan penyakit khususnya penyebaran COVID-19," tambahnya. 

Di tempat yang sama, Direktur Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM), Umum, dan Kepatuhan Jamkrindo Sulis Usdoko mengatakan pelibatan ODP dan PMMB tujuannya untuk meningkatkan kemampuan emosional sosial mereka.

Program PMMB Jamkrindo tidak hanya dilakukan semata-mata untuk memberikan kesempatan bagi para talenta muda tersebut terjun langsung ke dunia kerja, tapi juga menyiapkan generasi penerus bangsa yang memiliki kepekaan terhadap masalah-masalah sosial sehingga ke depan peserta tersebut bisa menjadi pemimpin yang dapat menghasilkan dampak signifikan bagi pertumbuhan dan pemerataan perekonomian sosial.

Kegiatan ini pun selaras dengan nilai AKHLAK ( Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif) serta visi dan misi perusahaan. Di tahap awal milenial Jamkrindo diterjunkan untuk melakukan kampanye gaya hidup sehat.

"Untuk ke depannya mereka harus melaksanakan berbagai hal seperti pemberdayaan masyarakat khususnya dalam bidang usaha mikro kecil dan menengah (UMKM),” katanya.

Pelibatan para milenialnya dalam proyek sosial di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu ini bukanlah yang pertama kali dilakukan Jamkrindo. Sebelumnya, pihaknya juga melibatkan kaum mudanya dalam program pemberdayaan di kawasan objek wisata bertaraf internasional tersebut.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021