Dana Bagus Indonesia siap memfasilitasi ekspor produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ke Serbia dan Eropa, karena sebagai perusahaan peer to peer yang telah berizin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sekaligus subsidiary Bagus Group. 

Chief Marketing Officer Dana Bagus Indonesia Ramdhan Komaruzaman dalam keterangan tertulisnya dari Serbia, Rabu, mengatakan dalam kunjungan kerja di Beograd, melihat potensi pasar pihaknya mengaku ketertarikannya untuk membuka akses ke negara di kawasan Balkan. 

"Aplikasi sistem keuangan di Serbia umumnya masih konvensional. Saya melihat trennya akan beralih ke fintech. Kita ingin masuk lebih dulu," ujar Ramdhan di sela pertemuan bisnis dengan Duta Besar RI di Serbia melalui pesan elektronik. 

Ramdhan mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti langkah korporasinya dalam membuka perwakilan di Beograd. Dana Bagus akan menjalin kemitraan strategis dengan provider keuangan lokal. 

Ekspansi Dana Bagus Indonesia ke Serbia juga akan merambah pada kerja sama dengan provider financial technology (fintech) lokal di Serbia. Serbia dan Negara Balkan lainnya memiliki potensi yang besar dalam industri Fintech. Trend industri keuangan konvensional akan beralih ke fintech. 

Serbia juga dianggap strategis karena posisinya sebagai penghubung (hub) di negara Eropa Tengah.

Guna memperkuat penetrasi ekspor produk UMKM dalam negeri, Dana Bagus Indonesia juga siap memberikan solusi keuangan bagi eksportir UMKM ke Serbia dan Negara Eropa pada umumnya. 

Dirinya menambahkan, dengan adanya upaya tersebut diharapkan dapat memberikan angin segar bagi UMKM yang ingin meningkatkan volume transaksi ekspornya. Termasuk, lanjutnya,bagi eksportir pemula. 

"UMKM bisa mengakses dukungan permodalan jika ada transaksi ekspor ke Serbia dengan skema invoice financing, pay later dan skema lainya" terangnya. 

Sementara itu, Duta Besar LBBP RI untuk Serbia dan Montenegro Chandra Widya Yudha menyambut baik rencana korporasi Dana Bagus Indonesia di Serbia. Ia mengaku optimis model bisnis Dana Bagus akan diterima di Serbia dan Negara Balkan lainnya. 

Menurutnya kesiapan Dana Bagus Indonesia mendukung solusi keuangan bagi eksportir UMKM. Bahkan, kata Chandra, akan menjadi angin segar bagi para eksportir ke Serbia. 

"Dengan hadirnya Dana Bagus sebagai solusi keuangan, kami optimis akan meningkatkan volume ekspor kita ke Serbia dan Negara Balkan lainnya," katanya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021