Bogor, (Antara Megapolitan) - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dalam peringatan Hari Pahlawan di Plaza Balai Kota, Selasa, kembali mengingatkan masyarakat dan juga jajarannya untuk meneladani nilai-nilai kepahlawanan.

"Berbicara tentang pahlawan ada tiga hal yakni pengorbanan, keteladanan dan masa depan," kata Bima.

Bima mengatakan, pahlawan di masa kini adalah sosok yang mengimplementasikan tiga nilai tersebut, yakni memiliki sifat-sifat yang diteladani, rela berkorban, dan berorientasi untuk masa depan.

Dikatakannya, sesuai dengan pidato Menteri Sosial, Hari Pahlawan hendaknya menjadi momentum dalam rangka menumbuhkembangkan nilai-nilai persatuan, kepahlawanan, keperintisan, dan kesetiakawanan sosial.

"Kita menghadapi masalah yang tidak mudah, mengancam dan mengoyak persatuan. Tantangan masalah ini seperti tawuran, radikalisme, ini semua dapat kita cegah dengan nila-nilai kepahlawanan ini," katanya.

Peringatan Hari Pahlawan tingkat Kota Bogor berlangsung khitmad diikuti seluruh pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), pegawai di lingkungan Sekretariat Kota Bogor, unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida), anggota TNI, Polri dan Satpol PP, para veteran, istri dan janda veteran, serta anak-anak pahlawan maupun TNI/Polri.

Dalam kesempatan itu, Bima juga membacakan sambutan Menteri Sosial . Tema Hari Pahlawan tahun ini `Semangat Kepahlawanan adalah Jiwa Ragaku`.

"Jadikan Hari Pahlawan sebagai cerminan atau refleksi tentang pengorbanan, keteladanan dan keteguhan untuk menggapai masa depan," kata Bima.

Pelaksanaan upacara Hari Pahlawan juga ditandai dengan tabur bungan di Makam Pahlawan Dreded, Jalan Pahlawan, Kecamatan Bogor Tengah. Kegiatan ini diikuti seluruh unsur Muspida Kota Bogor.

Sebelumnya, Wali Kota dan Wakil Wali Kota beserta unsur Muspida menyempatkan diri bersalaman dengan veteran, janda venteran dan pihak keluarga veteran yang hadir dalam peringatan upacara.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015