Sukabumi, (Antara Megapolitan) - Sejumlah pohon besar di Kota Sukabumi, Jawa Barat tumbang yang akibat diterjang oleh angin kencang saat hujan deras melanda sebagian wilayah Sukabumi.

Dari pantauan Antara di lapangan, hujan deras yang mengguyur sejak siang hari tersebut menyebabkan pohon jenis lamtoro setinggi 10 meter yang berada di lokasi Balai Besa Budidaya Perikanan Air Tawar (BBPBAT) tumbang dan nyaris menimpa sebuah mobil dan rumah warga di RT 10/007, Kelurahan Selabatu, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi.

"Saat kejadian saya sedang tidur bersama anak-anak, karena hujan deras, tiba-tiba terdengar suara benda jatuh dan ternyata setelah dilihat keluar rumah, Pohon Lamtoro tumbang dan menimpa pagar pembatas kantor BBPBAT," kata salah seorang warga, Tri Winarsih di Sukabumi, Senin.

Selain menimpa pagar pembatas, akibat tumbangnya pohon itu, jalan kelurahan sepanjang 30 meter pun ambrol sehingga tidak bisa dilewati kendaraan, untungnya jalan itu jarang digunakan warga untuk lalu lintas. Bahkan, hujan deras disertai angin kencang ini membuat sebagian warga panik.

Hingga saat ini, warga yang dibantu petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Sukabumi serta anggota Polsek Cikole masih melakukan pendataan dan membersihkan sisa ranting pohon bersama dengan warga sekitar secara bergotong royong.

"Karena ada ranting pohon yang menimpa kabel listrik, mengakibatkan listrik di daerah ini padam dan kami masih khawatir karena hujan belum reda," tambahnya.

Sementara, Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami mengatakan pihaknya masih mendata sejumlah pohon yang tumbang. Selain itu, berkoordinasi dengan petugas pemkot untuk mendata pohon yang rawan tumbang atau sudah kerupos.

"Kami mengimbau kepada warga untuk selalu waspada, apalagi memasuki musim penghujan ini kerap terjadi bencana alam karena hujan disertai angin kencang," katanya.

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015