Membangkitkan kembali dunia wisata Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang sempat terpuruk akibat terdampak pandemi COVID-19, personel Satuan Polrair Polres Sukabumi melakukan bersih-bersih di sepanjang Pantai Palabuhanratu.

"Objek wisata Pantai Palabuhanratu merupakan andalan Kabupaten Sukabumi karena memiliki daya tarik tersendiri, maka dri itu kami bersama warga menjaga agar wisatawan tertarik dan betah melakukan bersih-bersih pantai," kata Kasatpolair Polres Sukabumi AKP Tri Andri Afandi kepada wartawan di Sukabumi, Selasa.

Baca juga: Waspada gelombang tinggi terjang objek wisata Sukabumi

Pantauan di lokasi, salah satu titik yang menjadi pusat bersih-bersih pantai ini adalah Pantai Istanba Presiden RI di Kecamatan Palabuhanratu. Dengan cara bergotong dan melibatkan masyarakat seluruh jenis sampah mulai dari plastik, botol air minum dalam kemasan, kertas dan lainnya yang bertebaran di pantai langsung dipungut dan dimasukan ke kantong sampah.

Volume sampah yang berhasil dikumpulkan dari aksi bersih-bersih pantai tersebut cukup besar dan langsung dievakuasi menggunakan truk sampah. Diduga sampah yang bertebaran ini berasal dari limbah rumah tangga yang dibuang ke sungai dan akhirnya terbawa hingga laut,.

Baca juga: Ada wisata arung gelombang di Palabuhanratu

Selain itu, ada juga sampah yang dibuang sembarang oleh oknum wisatawan maupun pedagang. Maka dari itu, ia mengimbau kepada siapapun yang memanfaatkan pantai ini baik untuk berwisata, berdagang dan melakukan aktifitas lainnya agar selalu menjaga kebersihannya.

Jika pantai ini kotor bahkan rusak akibat tumpukan sampah apalagi jenis yang sulit diurai seperti plastik dampak yang ditimbulkan akan dirasakan oleh berbagai elemen masyarakat seperti pencemaran, timbulnya sumber penyakit dan tidak menutup kemungkinan populasi ikan akan terus berkurang karena habitatnya rusak.

"Menjaga pantai adalah tugas kita bersama, jangan hanya bisa menikmati atau memanfaatkannya saja. Tetapi harus dijaga baik keasrian maupun keindahannya, sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh semua orang baik wisatawan, warga sekitar maupun pelaku usaha dan tentunya nelayan," tambahnya.

Baca juga: Ini Dia, Pascalebaran Warga Palabuhanratu Sukabumi Bersihkan Pantai

Tri mengatakan selain mengamankan perairan laut selatan Kabupaten Sukabumi, pihaknya pun ikut mendukung program pemerintah untuk membangkitkan kembali dunia wisata seperti salah satunya dengan cara bersih-bersih pantai. Kegiatan seperti ini pun rutin dilakukan oleh pihaknya di sepanjang garis pantai Kabupaten Sukabumi. 
 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021