Bogor, (Antara Megapolitan) - Peserta lomba foto satwa internasional asal Kalimantan Barat Hendi dengan karya berjudul "Fighting" menjadi juara pertama "International Animal Photo Competition (IAPC) 2015" yang digagas lembaga konservasi Taman Safari Indonesia.

"Setelah melalui penilian ketat tim juri, karya Hendi yang menggambarkan pertarungan buaya dan biawak menjadi juara 1 untuk kategori umum," kata Direktur Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua Frans Manansang kepada Antara di Bogor, Jawa Barat, Minggu.

Didampingi Humas TSI Cisarua Yulius H Suprihardo, ia menjelaskan penjurian atas karya foto yang ikut serta lomba yang diselenggarakan lembaga konservasi "ex-situ" itu dilakukan pada Rabu (21/10).

Tim juri yang terdiri atas Danis Manansang (Taman Safari Indonesia), Arbain Rambey (Kompas), Dudi Sugandi (Pikiran Rakyat), Julian W (Wildlife Photographer, perwakilan Canon regional Asia) dan Ryan Boedi (Id-Photographer) telah memilih total delapan foto sebagai para pemenang dari kategori umum dan delapan foto dari kategori pelajar.

Rincian pemenang adalah juara (umum) adalah Hendi-Kalbar (Fighting) disusul Fajar Mangkudisastro-Jakarta (Berhasil!), dan Agustiar Hamdani-Bekasi (Killer Instinct).

Kemudian, juara harapan adalah Gede Sudika Pratama-Gianyar (Ciuman Kasih Sayang), Budi Darmawan-Jakarta (Jangan Ganggu!), Yohanes Arief Dewanto-Jakarta (Kepanasan), Diyan Filio Bastian-Jember (Keluarga Burung), dan Ahmad Samsudin-Semarang (Bayi Ular Piton).

Sedangkan untuk juara 1-3 (pelajar) adalah Devyanti Virsanita-Jakarta (Bunda Sayang Aku), I Ketut Arya-Denpasar (Hey World, I Am Baby Sea Turtle), dan Hikmah Sultan-Makassar (Antri Minum).

Juara harapan adalah Anthony Yonathan-Surabaya (Kissing), Try Wahyudi-Surabaya (Kasih Sayang Ibu), Yana Supriatna-Bandung (A Scream from the Sky), Roni Kuncoro-Jakarta (Bercanda), dan Dimas Ridho Wicaksono-Bekasi (Twin Cotton Top Tamarin Marmoset).

Frans Manansang menjelaskan kompetisi tahunan itu selalu mendapat tanggapan positif dari masyarakat.

"Animonya pun terus bertambah dari tahun ke tahun. Tahun ini jumlah foto yang ikut mencapai angka 16 ribu, atau naik 2.000 foto dibandingkan tahun lalu," katanya.

Pada 2015, kata dia, merupakan tahun kedua IAPC diselenggarakan dengan sistem "online" dan dibagi menjadi dua kategori, yakni pelajar dan umum.

IAPC pada 2015 telah memasuki usianya yang ke 25, di mana kompetisi fotografi yang telah diselenggarakan sejak tahun 1990 ini juga diadakan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia pada 5 Juni serta Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional pada 5 November.

Kegiatan itu merupakan kerja sama TSI dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pariwisata, serta pihak lainnya.

Yulius menambahkan rencananya rangkaian kegiatan itu akan ditutup dengan penyerahan hadiah pada para pemenang pada 7 November, yang akan dihadiri beberapa menteri terkait.

Pewarta: Andi Jauhari

Editor : Andi Firdaus


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015