Sistem pembelajaran tatap muka sudah kembali digelar hampir di seluruh sekolah di Kota Sukabumi mulai tingkat SD hingga SMA sederajat sehingga Polres setempat merasa perlu membantu pemerintah daerah dalam upaya percepatan vaksinasi untuk pelajar.

"Pemberian vaksin COVID-19 untuk pelajar ini sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan virus mematikan tersebut, disamping itu sebagai salah satu syarat bagi sekolah untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka," kata PS Kasi Humas Polres Sukabumi Kota Iptu Astuti setyaningsih di Sukabumi, Kamis.

Baca juga: Kabupaten Sukabumi kembali berstatus PPKM level 3

Maka dari itu, mendukung percepatan vaksinasi untuk pelajar Polres Sukabumi Kota gencar menggelar gerai vaksin presisi ke sejumlah sekolah di Kota Sukabumi. Seperti pada Kamis, (7/10) bagian pelajar SMPN 5 Kota Sukabumi yang menjadi sasaran vaksinasi.

Informasi yang didapat dari pihak kepolisian, vaksinasi yang digelar Polres Sukabumi Kota ini diikuti oleh 647 peserta yang merupakan siswa siswi SMPN 5 Kota Sukabumi, namun dari jumlah tersebut hanya 610 pelajar yang bisa divaksinasi sementara sisanya ditunda karena beberapa hal yang tidak memungkinkan pelajar tersebut disuntik vaksin,

Selain itu, dari 610 peserta tersebut sebanyak 591 peserta menjalani vaksinasi menggunakan Sinovac dosis pertama dan 19 peserta lainnya menjalani vaksinasi dosis kedua. Diharapkan vaksinasi ini bisa mempercepat pembentukan kekebalan kelompok atau herd imuunity.

Baca juga: Polres Sukabumi Kota genjot vaksinasi untuk pelajar SMP

"Langkah yang kami lakukan dengan menggandeng petugas kesehatan dari Puskesmas Selabatu sebagai salah satu upaya percepatan penanganan COVID-19 agar pembentukan kekebalan kelompok di lingkungan sekolah bisa cepat terwujud apalagi sekarang sekolah kembali melaksanakan pembelajaran tatap muka," tambahnya.

Astuti mengatakan Polres Sukabumi Kota tentunya akan terus mendukung dan mensukseskan program pemerintah dalam upaya penanggulangan COVID-19, selain vaksinasi pihaknya saat ini masih terus memberikan edukasi dan mengingatkan warga agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Polres Sukabumi Kota dan dinkes sasar pelajar SMP untuk divaksin COVID-19

Kemudian, turut serta meringankan beban masyarkaat kurang mampu yang terdampak pandemi COVID-19 dengan cara menyalurkan berbagai paket kebutuhan pokok langsung ke masyarakat seperti dengan mendatangi permukiman warga. 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021