Berada di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) adalah salah satu magnet utama para wisatawan berkunjung ke Pulau Bali.

Diresmikan pada 22 September 2018 oleh Presiden Jokowi, ternyata ada banyak sekali fakta-fakta luar biasa tentang GWK Bali yang mungkin tidak diketahui banyak orang padahal ini merupakan daya tarik luar biasa.

Agar tidak hanya terpesona dengan penampilannya saja, berikut beberapa fakta mengejutkan tentang GWK Bali:

1.Makna Mendalam GWK

Disebut sebagai Garuda Wisnu Kencana, patung ini memang menggambarkan sosok salah satu dewa yang sangat dihormati oleh masyarakat Hindu di Bali yakni Dewa Wisnu yang tengah mengendarai tunggangannya, burung garuda. Dianggap sebagai Dewa Pemelihara Alam Semesta, patung GWK memang memiliki makna simbol penyelamatan lingkungan dan dunia. Bahkan sosok garuda adalah perwakilan kebebasan dan pengabdian luar biasa loyal.

2.Patung GWK di Area Suci

Patung GWK ini berdiri gagah di titik pusat dari kompleks taman GWK yakni Plaza Wisnu yang dikelilingi air mancur dan sumber mata air suci bernama Parahyangan Somaka Giri. Mata air suci yang konon tak pernah mengering sekalipun musim kemarau ini memang disakralkan masyarakat setempat, bahkan diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit berkat kekuatan magis luar biasa.

3.Pembangunan 28 Tahun Lamanya

Fakta menakjubkan tentang GWK Bali berikutnya adalah salah satu pematung terkenal di Indonesia yakni I Nyoman Nuarta merupakan pembuat patung GWK. Lantaran luar biasa rumit, Nuarta butuh 28 tahun lamanya untuk menyelesaikan. Dimulai dari pemberian izin pembangunan oleh mantan Presiden Soeharto di tahun 1993, patung GWK baru diresmikan resmi dan berdiri gagah pada 22 September 2018 oleh Presiden Jokowi.

4.Kalahkan Patung Liberty

Menjulang hingga 121 meter, patung GWK artinya lebih tinggi daripada patung Liberty kebanggaan masyarakat Amerika Serikat yang setinggi 93 meter. Tak heran kalau patung GWK mampu menjadi patung ketinggi ketiga di dunia untu saat ini setelah patung Kuil Musim Semi Buddha di China dan patung The Laykyun Sekkya Budhha di Myanmar. Pencapaian ini membuat patung yang berdiri di perbukitan kapur alami itu makin istimewa.

5.Libatkan Seribu Pekerja

Fakta terakhir tentang  GWK Bali adalah skala pembangunan yang luar biasa besar. Disebut ada 1.000 pekerja yang terlibat baik di Bandung dan Bali. Dengan bentang sayap garuda hingga 64 meter ke kanan dan ke kiri, pemasangannya kala itu begitu menyulitkan. Hasilnya, patung GWK berdiri megah dan memiliki 30 lantai tapi masyarakat hanya boleh mendaki hingga 23 lantai saja disebabkan area Dewa Wisnu dianggap suci.

Tak hanya cantik dilihat dari daratan, Taman GWK ini juga begitu memesona jika dilihat dari ketinggian. Bagi Anda yang ingin merasakan pengalaman jelajah A Taste of Bali lewat udara, Urban Air dapat menjadi pilihan. Mengajak siapapun menikmati pengalaman menakjubkan dari langit Bali, Urban Air siap mengantarkan Anda ke lokasi wisata istimewa di selatan Bali.

Tempat-tempat wisata memanjakan mata seperti Jimbaran, Pulau Uluwatu, pantai Nyangyang, pantai Melasti dan tentunya GWK adalah rute yang dilewati oleh Urban Air. Dengan tarif Rp5,5 juta saja, Anda akan takjub luar biasa melihat patung sakral tersebut apalagi jika sudah paham tentang GWK Bali. Dengan armada helikopter baru dan utamakan keselamatan, Urban Air adalah cara baru menikmati kemolekan Pulau Dewata.
 

Pewarta: Pewarta Antara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021