Bandung, (Antara Megapolitan) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher dijadwalkan kembali ke tanah air pada Senin (5/10) setelah menjalankan ibadah haji sejak pertengahan September 2015.

Sekpri Gubernur Jawa Barat, Ade Sukalsah dalam siaran persnya, Minggu, mengatakan Gubernur Jabar yang melaksanakan ibadah haji bersama istri dan tergabung rombongan di Kloter JKS 67, akan berangkat dari Jeddah melalui penerbangan Saudia pada Ahad (4/10) siang jam 11.00.

"Rombongan diestimasikan sampai Bandara Halim, Senin 5 Oktober 2015 jam 01.00. Setelah beres proses imigrasi dan bagasi, Gubernur Aher akan langsung bertolak ke Bandung, ke rumah dinas Gedung Pakuan," katanya.

Menurut dia, diperkirakan Senin subuh, Aher dan istri sampai di rumah dinasnya Gedung Negara Pakuan Bandung.

Sebelumnya, kata Ade, sebagai anggota haji reguler, Aher menuju Indonesia mengikuti Kloter 16 JKS, Maktab 50, No Akomodasi 707 di Hotel Joharat Al Rashidin, Jarwal. Setelah sebelumnya, bersama ratusan anggota kloter lainnya berada di Hotel Durat Al Aseel setelah kembali dari kewajiban Armina.  

Di hotel transit ini, rombongan akan menginap hingga sekira pukul 02.00 untuk kemudian bertolak bertolak dari hotel menuju Bandara Jeddah pada Sabtu (3/10) dinihari sekitar jam 03.00 dini hari.

Dari Jeddah, perjalanan panjang ke Indonesia akan dilakukan setelah sampai Indonesia, belum ada keterangan presisi kapan Aher akan berdinas lagi di Gedung Sate.

Akan tetapi, kemungkinan besar akan beristirahat dulu guna memulihkan stamina sekaligus menerima tamu silaturahmi haji.

Aher sendiri bertolak haji bersama Istri, Sekpri, dan rombongan yang tergabung dalam kloter haji biasa sejak Rabu, 16 September 2015 lalu sebagai amirul hajj Jawa Barat, Aher sempat melepas kloter terakhir dari Jabar sehari sebelumnya.

Saat melaksanakan haji, selain tentunya menunaikan fardhu ibadah haji, ragam kegiatan yang padat dalam melayani masyarakat (terutama kloter asal Jabar) tetap intensif dilakukan pria asal Sukabumi tersebut.

Antara lain mengumpulkan petugas haji agar makin mengoptimalkan layanan kepada jemaah pada Sabtu (19/9), mendatangi dan memberikan santunan korban crane Ahad (20/9), dan terutama membantu menangani hal terkait musibah Mina antara Kamis (24/9) hingga menjelang kepulangan ke Indonesia.

Selama kurang lebih delapan tahun menjabat Gubernur Jabar periode 2008-2013 serta 2013-3018, Aher baru kali ini menunaikan tugas sebagai Amirul Hajj rombongan haji asal Jabar yang tahun ini mencapai sekitar 31.000 jamaah.

Gubernur sudah mengantongi izin Menteri Dalam Negeri Nomor 857/4615/SJ tertanggal 18 Agustus 2015 hal izin ke luar negeri alasan penting.

Selama periode tersebut, jalannya pemerintahan tetap berjalan lancar dengan penunjukan Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar menjadi Pelaksana Harian (Plh) mengacu Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor:121/Kep.1033-Pem.Um/2015 tertanggal Kepgub ini ditetapkan di Bandung, 14 September 2015.

Dalam Kepgub tersebut disebutkan untuk menjamin keberlangsungan penyelenggaraan Pemprov Jabar selama Gubernur Jawa Barat melaksanakan cuti sehingga perlu menunjuk Wagub Jabar sebagai pelaksana harian (Plh) Gubernur Jabar.  

Bahkan, soliditas pemerintahan nyata terlihat ketika Wakil Gubernur pun harus melaksanakan tugas kenegeraan ke Australia pada 23-27 Oktober lalu, yang mana tugas Plh Gubernur kemudian diemban Plt Sekda/Asda IV Iwa Karniwa.

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015