Bandarlampung (Antara Megapolitan) - Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri melantik Paryanto sebagai Penjabat (Pj) Bupati Pesawaran,   di Balai Keratun Komplek Kantor Pemerintahan Provinsi Lampung, di Bandarlampung, Minggu (20/09).

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Lampung, Sumarju Saeni menjelaskan, Paryanto yang mantan Sekda Kabupaten Tulang Bawang Barat akan memimpin Kabupaten ini hingga dilantiknya pejabat Bupati Pesawaran definitif hasil Pilkada bulan Desember 2015.

Dikatakan pula bahwa Kabupaten Pesawaran diresmikan pada Tanggal 2 November 2007 berdasarkan Undang-Undang Nomor: 33 Tahun 2007, Tentang Pembentukan Kabupaten Pesawaran.

Secara administratif daerah ini dibagi menjadi 11 Kecamatan. Luas wilayah Kabupaten Pesawaran adalah 1.173,77 Km2, atau 117.377 Ha, dengan Kecamatan Padang Cermin sebagai kecamatan terluas, yaitu 31.763 Ha.
 
"Di samping itu Kabupaten Pesawaran memiliki 37 pulau yang  potensial, namun belum dimanfaatkan dengan maksimal," Ujar Sumarju.

Wagub Lampung Bachtiar Basri dalam sambutannya mengatakan, pelantikan Penjabat Bupati hari ini merupakan tindak lanjut dari Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor: 131.18-5118 Tahun 2015, Tentang Pengangkatan Penjabat Bupati Pesawaran Provinsi Lampung.

Dijelaskan pula oleh Bachtiar Basri, beberapa tugas penting dan strategis Penjabat Bupati Pesawaran yang baru dilantik yakni: menyelenggarakan pemerintahan di Kabupaten Pesawaran, memfasilitasi penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pesawaran yang defenitif.

Selanjutnya menjaga dan menciptakan hubungan dan iklim yang kondusif antara Fokorpimda, pimpinan parpol, dan seluruh lapisan masyarakat, sehingga penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Pesawaran dapat berjalan tertib, aman, dan lancar serta menjaga netralitas PNS dalam pelaksanaan Pemilukada Tahun 2015 di Kab. Pesawaran.

Wakil Gubernur Lampung juga berpesan bahwa mengingat posisi geografis dari Kabupaten Pesawaran yang sangat strategis sebagai penyangga Kota Bandarlampung, hendaknya program dan kegiatannya
diarahkan untuk mendukung agenda kebijakan dan pembangunan Provinsi Lampung.

Sinergitas harus juga diwujudkan di antara Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung. "Sukses terselenggaranya Otonomi Daerah mustahil dapat terwujud tanpa adanya kerja sama antar daerah. Di sinilah peran vital dari seorang bupati dalam menjalankan koordinasi, pembinaan, dan pengawasan dalam kapasitasnya sebagai wakil Pemerintah," kata Bachtiar Basri dalam menutup sambutannya.

Direncanakan serahterima jabatan akan dilaksanakan pada hari Senin (21/9) di Kantor Bupati Pesawaran.

Menurut Kabag Humas Biro Humas dan Protokol Pemprov Lampung, Heriansyah, hadir dalam acara tersebut Penjabat Bupati Way Kanan Albar Hasan Tanjung, Penjabat Bupati Pesisir Barat Qodratul Ikhwan, Penjabat Bupati Lampung Selatan Kherlani, Penjabat Bupati Lampung Timur Tauhidi, Penjabat Walikota Metro Chrisna Putra, Penjabat Walikota Bandar Lampung Sulfakar, serta Unsur Fokorpimda Provinsi Lampung, dan para Kepala SKPD Pemprov Lampung dan Kabupaten Pesawaran.

Pewarta: Humas dan Protokol Lampung

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015