Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 Hijriah, khususnya Hari Asyura 10 Muharram, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) dan Lembaga Kesejahteraan Keluarga (LKK) NU Kota Bogor memberikan santunan kepada anak yatim di kota itu.

"Pandemi COVID-19 tidak dipungkiri mengakibatkan jumlah anak yatim ini meningkat, untuk itu perlu perhatian berbagai pihak," kata Ketua PCNU Kota Bogor Dr Ir Ifan Haryanto, M.Sc di Bogor, Jawa Barat, Ahad.

Dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) COVID-19 seperti yang diimbau oleh pemerintah, kata dia, santunan anak yatim itu dilakukan pada Sabtu (20/8) 2021 di Gedung PCNU Kota Bogor, Jalan Sempur Kaler, Kota Bogor.

Baca juga: GP Ansor-Polres Bogor gelar vaksinasi COVID-19 sasar santri dan kiai

Kegiatan santunan anak yatim tersebut juga dihadiri oleh Ketua LKKNU Kota Bogor Dewi Fatimah, jajaran pengurus NU dan LKKNU Kota Bogor, serta anak-anak yatim di lingkungan PCNU Kota Bogor.

Ia mengatakan bulan Muharam merupakan bulan istimewa bagi umat Islam. Selain peringatan Tahun Baru Hijriah pada 1 Muharam, sebagian masyarakat juga menganggap bahwa tanggal 10 Muharam adalah Hari Raya atau Lebaran anak yatim.

Istilah Idul Yatama atau Hari Raya Anak Yatim, kata dia, sebenarnya hanyalah ungkapan kegembiraan bagi anak-anak yatim, sebab pada saat itu banyak orang yang memberikan perhatian dan santunan kepada mereka.

Baca juga: PCNU Kab Bogor edukasi vaksinasi COVID-19 dari sudut pandang islami

Kegiatan menyambut Tahun Baru Muharam, katanya, merupakan kegiatan rutin yang dilakukan PCNU Kota Bogor. Pada Muharam tahun 1443 Hijriah ini disambut PCNU Kota Bogor dengan mengadakan santunan anak yatim.

Ia menegaskan pandemi COVID-19 membuat banyak korban meninggal, termasuk orang tua yang masih memiliki anak-anak kecil.

Ia mengatakan bahwa menghadapi masalah pandemi COVID-19 tidak mungkin diatasi sendiri oleh pemerintah, perlu partisipasi berbagai pihak. Dalam mengatasi ekses dari pandemi, pemerintah juga memerlukan dukungan berbagai pihak.

Baca juga: Fatayat NU Kota Bogor tebar seribu paket ketupat untuk warga

Menyadari kondisi ini, kata dia, PCNU Kota Bogor menyambut Tahun Baru Hijriah ini dengan kegiatan santunan anak yatim.

Kegiatan santunan anak yatim, menurut dia, sangat tepat dilakukan pada saat ini. Selain mengasah kesalihan sosial juga  sebagai bentuk kepedulian kepada anak yatim.

"Kami berharap kegiatan santunan ini membawa manfaat kebaikan bagi masyarakat," kata Ifan Haryanto.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021