Ketua Umum KONI Kota Depok Jawa Barat Herry Suprianto menargetkan Depok bisa masuk peringkat 10 besar dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat ke-14 tahun 2022.

"Jika kita menjalankan fungsi organisasi sesuai tupoksi dan membangun kerja sama yang baik antara kita dengan Pengurus Cabang Olahraga serta para atlet maupun pelatih, saya yakin target tersebut dapat kita capai," kata Herry Suprianto usai dilantik menjadi Ketua Umum KONI Kota Depok, di Depok, Jumat.

Herry juga mengingatkan agar amanah yang telah diberikan kepadanya dan rekan pengurus KONI Kota Depok yang baru saja dilantik itu harus dipertanggung jawabkan dengan sebaik-baiknya. Ia menginginkan agar jabatan dan kedudukan di organisasi itu hanya dijadikan sebagai kebanggaan semata tanpa kerja keras. 

Baca juga: KONI Depok akan kembali gelar lomba Depok 10K pada Hari Pahlawan

Herry terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum KONI Kota Depok setelah mendapatkan dukungan dari 37 pengurus cabang olahraga di Kota Depok dalam Musyawarah Olahraga Kota Depok pada Mei 2021.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Provinsi Jawa Barat Ahmad Saefudin yang diwakili oleh Ketua Harian KONI Provinsi Jawa Barat M Budiana dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada para pengurus KONI Kota Depok yang baru saja dilantik.

Budiana juga menyampaikan permohonan maaf jika Ketua Umum KONI Provinsi Jawa Barat tidak dapat hadir karena sedang isolasi mandiri. Kendati demikian, saat ini Ahmad Saefudin juga dikabarkan sedang memimpin rapat persiapan Kontingen Jawa Barat yang akan berlaga pada Pekan Olahraga Nasional XX di Papua.

Baca juga: KONI Depok memberikan penghargaan kepada atlet berprestasi

Meski demikian, Ahmad Saefudin meminta agar KONI Kota dan Kabupaten di Jawa Barat dapat segera menindak lanjuti kerja sama dengan Kejaksaan Tinggi dan Kejaksaan Negeri, salah satunya mengenai bantuan hukum terkait dana hibah.

"KONI Kota dan Kabupaten di Provinsi Jawa Barat diminta untuk dapat mengikuti aturan yang ada agar suasana organisasi kondusif guna mencapai Jabar Kahiji," ujar Budiana.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Depok Mohammad Idris dalam sambutannya menyampaikan Pemerintah Kota Depok memiliki komitmen yang tinggi terhadap pengembangan olahraga prestasi melalui KONI Kota Depok karena merupakan satu-satunya lembaga yang memiliki wewenang di olahraga prestasi.

"Jika pada tingkat nasional Indonesia ingin menjadi yang dibanggakan di dunia, maka Kota Depok ingin menjadi yang dibanggakan di Kota Depok, salah satunya dalam segi olahraga prestasi," tutur Idris.

Baca juga: KONI Depok apresiasi kejuaran Wushu di UI

Lebih lanjut, ia juga mennyampaikan tantangan ke depan yang akan dihadapi oleh KONI Kota Depok, yaitu tingginya harapan masyarakat Kota Depok akan prestasi olahraga, serta olahraga sebagai instrumen pembangunan SDM. 

"Bagaimana menjadikan olahraga sebagai media untuk membangun manusia yang berkualitas. Jangan hanya fisik saja yang dilatih dan dibina, tetapi juga mental dan spiritualnya. Jika mental dan spiritualnya sudah bagus, maka akan sulit untuk berpindah tempat," ungkap Idris. 

Pelantikan yang dilaksanakan secara offline dan virtual melalui Zoom Meeting ini disaksikan langsung oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris yang hadir secara offline, Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono yang hadir secara virtual, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Depok yang hadir secara virtual, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok, Wijayanto yang hadir secara offline, Ketua DPRD Kota Depok, T.M Yusufsyah Putra dan Dewan Kehormatan KONI Kota Depok, Amri Yusra yang hadir secara offline.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021