Polresta Bogor Kota melaksanakan upacara bendera memperingati hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan RI ke-76, di lokasi pelaksanaan vaksinasi massal COVID-19, di Gedung DPRD Kota Bogor, Selasa.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, dan sejumlah anggota polisi dari Polresta Bogor Kota menjadi petugas upacara.

Upacara dimulai dengan anggota kepolisian sebanyak 12 orang membawa Bendera Merah Putih dan menyerahkannya kepada 12 orang peserta vaksinasi massal.

Baca juga: Dinkes Kota Bogor dan Alumni Akpol gelar vaksinasi massal 2.598 remaja

Kemudian, dilanjutkan dengan tiga anggota Kepolisian, membawa sebuah bendera merah putih, diserahkan kepada tiga orang peserta vaksinasi.

Setelah itu, Kapolresta Bogor Kota melangkah ke depan, memegang Bendera Merah Putih, dan meneriakkan, "kepada bendera merah putih, hormat gerak!" .

Seluruh orang yang hadir di lokasi itu, memberikan hormat kepada Bendera Merah Putih. Bersamaan dengan itu, anggota polisi memimpin menyanyikan lagu Indonesia Raya, yang diikuti seluruh orang yang hadir secara serentak.

Baca juga: Alumni Akpol 1991 dan PB HMI gelar vaksinasi massal di Kota Bogor

Setelah lagu Indonesia Raya berakhir, dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh petugas dan kemudian upacara bendera selesai.

Kapolresta Susatyo usai upacara tersebut mengatakan, bulan Agustus adalah bulan bersejarah bagi bangsa Indonesia.

"Melalui upacara bendera ini kami ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk meningkatkan nasionalisme dan semangat kebangsaan dalam menghadapi pandemi COVID-19," katanya.

Menurut Susatyo, saat ini banyak orang mulai menyerah menghadapi situasi pandemi. Saat upacara bendera, ada tukang pangkas rambut di salon menjadi petugas upacara.

Baca juga: Vaksinasi massal keliling di 68 RT zona merah di Kota Bogor telah menyasar 1.704 orang

Ia mangatakan hal itu sebagai wujud partisipasi masyarakat dalam semangat menyikapi pandemi COVID-19. "Melalui tugas tersebut dia ingin menyatakan sikap optimistis, dalam melawan pandemi COVID-19 ini," katanya.

Menurut Susatyo, upacara serupa akan dilaksanakan setiap hari selama Bulan Agustus pada pukul 10.00 WIB, sebagai penghormatan pada hari kemerdekaan RI. 

Pewarta: Riza Harahap

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021