Bogor, 1/5  - Kepolisian Resor Bogor mengerahkan 750 personel dalam mengamankan kegiatan memperingati hari buruh se-dunia, yang dilakukan sekitar 2.000 orang buruh di wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa.

"Sesuai instruksi dari Kapolres Bogor AKBP Herry Santoso, ada 750 personel kepolisian yang diturunkan dalam pengamanan May Day hari ini," kata Kepala Sub Bidang Humas Polres Bogor, AKP Ita Puspita Lena.

AKP Ita mengatakan, selain aparat kepolisian pengaman May Day juga dibantu oleh aparat TNI yang berjumlah 100 orang.

Menurut Ita, pengamanan yang dilakukan lebih difokuskan kepada pengamanan arus lalu lintas mengingat jumlah buruh yang turun ke jalan mencapai ribuan orang.

Personil kepolisian ditugaskan melakukan pengamanan di sejumlah titik dan mengawal aksi buruh yang menggelar konvoi ke sejumlah tempat.

"Kita melakukan pengamanan untuk mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan masyarakat pada peringatan May Day seperti kemacetan dan kemungkinan aksi lainnya," kata Ita.

Menurut Ita, aksi buruh berlangsung damai. Diawali dengan berkumpul di depan Kantor Pemerintah Daerah Cibinong Jalan Tegar Beriman.

Buruh yang datang dengan menggunakan sepeda motor yang berjumlah sekitar 750 unit dan bis sebanyak 26 unit.

Kedatangan buruh disambut oleh Bupati Bogor, Rachmat Yasin bertempat di halaman Pemda Cibinong.

Pemerintah Kabupaten Bogor sudah menyiapkan acara peringatan May Day, selain menggelar panggung orasi juga dilakukan pemberian beasiswa bagi anak-anak buruh yang berprestasi oleh PT Jamsostek.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara serikat buruh, Pemkab dan PT Jamsotek terkait jaminan sosial untuk para buruh.

Usai menggelar perayaan May Day di Lapangan Tegar Beriman. Ribuan buruh tersebut menggelar pawai mulai dari Pemda, ke Cibinong lalu Jalan Baru dan Citereup. Aksi buruh akan berakhir kembali ke Pemda Cibinong.

Aksi konvoi buruh menyebabkan sejumlah jalan yang dilaluinya mengalami kepadatan.

Sementara itu, Kepolisian Resor Bogor Kota juga melakuan pengamanan dengan menerjunkan 300 orang personel.

"Kita hanya melakukan pengamanan umum mengawal setiap aksi yang melibatkan massa dengan berfokus pada pelayanan kepada masyarakat," kata Kepala Bagian Operasional Polres Kota Bogor, Kompol Sahroni.

Kompol Sahroni menyebutkan, ada dua gelombang aksi massa di Kota Bogor yang melakukan peringatan May Day. Dalam aksinya massa hanya menggelar konvoi dan orasi secara damai di Balai Kota Bogor dan DPRD.

Laily R

Pewarta:

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012