Bogor, (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat akan membangun Plaza Tugu Kujang senilai Rp3,5 miliar, proyek ini merupakan bagian dari program Penataan dan Pelestarian Kota Pusaka (P3KP) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Plaza Tugu Kujang ini merupakan bangunan tugu monumental berupa 10 pilar yang akan menjadi ikon baru bagi Kota Bogor," kata Asisten bidang Kemasyarakatan, Toto S Ulum, saat menghadiri rapat persiapan pelaksanaan penataan kawasan Kota Pusaka di Gedung Konservasi PKT Kebun Raya Bogor-LIPI, Jumat.

Toto mengatakan, pembangunan Plaza Tugu Kujang menggunakan dana bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui program P3KP. Menurut rencana akan dilaksanakan terhitung mulai Agustus dan selesai di akhir Desember 2015.

"Tugu ini memiliki tinggi 12 meter dengan atap plang sebagai media semboyan, dilengkapi dua buah gazebo model gazebo Rafflesia di Kebun Raya Bogor dan pelataran berupa plaza," katanya.

Menurut Toto, pembangunan Plaza Tugu Kujang akan memperkuat dan memperindah kawasan Tugu Kujang yang menjadi simbol Kota Bogor. Yang diharapkan memperkuat Bogor sebagai Kota Pusaka.

"Dengan adanya Plaza Tugu Kujang ini diharapkan kawasan cagar budaya di Kota Bogor dapat dipertahankan dan dilindungi keberadaannya," kata dia.

Kepala Sub Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup, Bappeda Kota Bogor, Naufal Isnaini menyebutkan, Plaza Tugu Kujang dibangun sebagai aksesoris yang akan mempercantik wajah Kota Hujan.

"Tidak hanya itu, fungsi Plaza Tugu Kujang juga sebagai ruang publik dan tempat masyarakat untuk berekspresi," katanya.

Naufal menyebutkan, Plaza Tugu Kujang dirancang dengan tampila modren, terdiri dari 10 pilar yang terinspirasi dari bentuk pilar yang ada di Istana Bogor. Pada pilar akan ada plang yang menjadi media semboyan yang bertuliskan "Di Nu Kiwari Ngancik Nu Bihari Seujak Ayeuna Sampereunjaga".

Ia menambahkan, pembangunan Plaza Tugu Kujang merupakan progam Penataan dan Pelestarian Kota Pusaka (P3KP) yang menjadi prioritas Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Kota Bogor merupakan salah satu dari 10 kota di Indonesia yang menjadi prioritas program P3KP," katanya.

Selain Plaza Tugu Kujang, dalam program P3KP Kemen PU-PERA juga akan dibangun gapura Pecinan di Jalan Surya Kencana, yang pelaksanaan pembangunan bersamaan dengan Plaza Tugu Kujang.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015