Bandung (Antara Megapolitan) - Pendaftar pasangan calon pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak Desember 2015 di  Jawa Barat terbanyak di Kabupaten Karawang, terdapat enam pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati.

Sekretaris KPUD Jawa Barat Heri Suherman di Bandung, Selasa, mengatakan Karawang itu menjadi daerah yang terbanyak pasangan calon yang mendaftar pilkada dibandingkan daerah lain.

Selain Karawang, daerah lainnya di Provinsi Jawa Barat yang jumlah pasangan calonnya cukup banyak mendaftarkan diri dalam pilkada serentak ialah Kabupaten Pangandaran yakni tiga pasangan bakal calon.

Ia menuturkan ada satu daerah di Provinsi Jawa Barat yang pelaksanaan Pilkada Serentak 2015 diundur karena faktor calon tunggal yakni Kabupaten Tasikmalaya.

"Kami memberlakukan tambahan waktu dari 1-3 Agustus. Sempat ada pasangan yang mendaftar satu pasangan calon. Tapi tidak memenuhi syarat sehingga dianggap gugur. Jadi yang resmi mendaftar itu hanya satu pasangan saja. Maka harus diundur," katanya.

Ia mengatakan calon tunggal dalam Pilkada Kabupaten Tasikmalaya ialah pasangan Uu Ruhzanul dan Ade Sugianto.

Menurut dia, alasan pasangan calon yang mendaftar saat perpanjangan waktu pendaftaran ditolak karena hanya ada bakal calon  bupati saja yang mendaftar seharusnya bakal calon wakil bupati juga ikut hadir di KPUD saat pendaftaran.

"Kemudian ada beberapa persyaratan yang lain yang tidak memenuhi syarat dari pasangan calon tersebut," ujarnya.

Menurut dia pada dasarnya KPUD Kabupaten Tasikmalaya sudah siap menggelar pilkada serentak namun dari pihak pesertanya ternyata masih belum siap.

"Kami sih siap-siapa saja, tapi itu tadi mungkin banyak pertimbangan dari pesertanya sehingga hanya ada satu pasangan atau calon tunggal," ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan, karena diundur ke tahun 2017, maka rangkaian Pilkada Kabupaten Tasikmalaya akan kembali pada Juni 2016 mendatang.

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : M.Ali Khumaini


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015