Tim Softball Putri Kabupaten Bekasi, Jawa Barat sukses meraih tiket Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat 2022 setelah lolos pada babak kualifikasi yang dipertandingkan di Lapangan Lodaya, Kota Bandung pada 5-7 Juni 2021.

"Keunggulan materi ditambah persiapan matang menjadi kuncinya," kata Sekretaris Umum Persatuan Baseball dan Softball Seluruh Indonesia (Perbasasi) Kabupaten Bekasi Nanang Garniwa di Cikarang, Selasa.

Nanang mengatakan pada babak kualifikasi itu timnya berhasil mengalahkan sejumlah tim kuda hitam di antaranya Kabupaten Cirebon dan Tasikmalaya.

Baca juga: KONI Kabupaten Bekasi wacanakan skateboard masuk cabang olahraga

Dari keseluruhan pertandingan, kata dia, tim softball putri Kabupaten Bekasi hanya menelan satu kali kekalahan dari Kota Bandung serta ditahan imbang oleh Kota Bogor.

"Raihan itu membuat kita lolos dan akan bertanding di putaran final Porprov Jabar 2022 mendatang," katanya.

Nanang mengaku Pengurus Provinsi Perbasasi Jawa Barat pada Porprov XIV 2022 mendatang hanya mengumumkan empat nomor cabang olahraga softball putra dan putri sementara untuk cabang baseball putri belum dipertandingkan.

"Karena nomor tersebut juga belum dipertandingkan di PON (Pekan Olahraga Nasional)," katanya.

Baca juga: KONI Bekasi terjunkan 1.200 atlet rebut tiket menuju Porprov Jabar 2022

Pihaknya kini tengah fokus mempersiapkan pemain yang akan bertanding di babak kualifikasi selanjutnya yakni cabang olahraga baseball di nomor putra yang rencananya akan dilangsungkan pada Bulan Desember 2021.

Nanang menargetkan tim softball putri mampu meraih hasil maksimal saat Porprov Jabar 2022 mendatang dengan memboyong medali emas sesuai target yang telah ditetapkan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bekasi.

"Softball putri menjadi andalan yang akan sulit dikalahkan lawan manapun. Sekarang saja kita sebenarnya sudah berada di peringkat pertama. Tapi target babak kualifikasi hanya lolos dan kita belum sepenuhnya mengeluarkan kemampuan," katanya.

Baca juga: Muaythai Bekasi raih juara umum Kejurnas-Liganas 2021

Pelatih Tim Softball Putri Kabupaten Bekasi Arif Wibowo mengatakan kemampuan setiap wilayah tidak bisa dianggap remeh meskipun tim asuhannya diunggulkan mampu menyabet medali emas Porprov Jawa Barat 2022.

"Untuk bisa meraih medali emas, jelas kita harus menambah pola latihan. Dalam waktu dekat kita akan melakukan pemusatan latihan cabang di mana target kita adalah juara," kata dia.(KR-PRA).

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021