Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat melirik skateboard (papan luncur) sebagai potensi olahraga prestasi mengingat cabang olahraga ini sudah dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON).

"Kami sudah wacanakan dan membahas secara matang. Rencananya skateboard akan kami masukkan pada cabang olahraga di bawah Perserosi (Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia)," kata Wakil Sekretaris Umum KONI Kabupaten Bekasi Hilaludin Yusri di Cikarang, Selasa.

Pihaknya berencana merangkul bibit-bibit skateboarder dalam waktu dekat dengan harapan cabang olahraga itu dapat dipertandingkan di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat sekaligus mampu meraih prestasi.

"Kami sudah meninjau para komunitas skateboarder latihan bahkan belum lama ini anak-anak itu sudah mampu membuka sasana latihan mandiri di Cikarang. Ada banyak anak ternyata yang berbakat. Ini menunjukkan perkembangan olahraga ini sudah besar di Kabupaten Bekasi," ucapnya.

Menurut Hilal regenerasi skateboarder menjadi poin penting dalam kemajuan olahraga ini di Kabupaten Bekasi. Setelah berhasil merambah ke sejumlah wilayah, pegiat skateboard akan diarahkan pada prestasi.

"Dari pemantauan terakhir kita, saat ini anak-anak SD hingga SMP mulai menyukai olahraga ekstrem ini," katanya.
Anak-anak muda berbakat tengah latihan skateboard di sasana latihan mandiri skateboard Kecamatan Cikarang Pusat. (Foto: Pradita Kurniawan Syah).
Hilal mengaku jika nanti sudah dipertandingkan di ajang Porprov Jawa Barat, sudah sepantasnya cabang olahraga ini bisa mendulang sehingga turut mendukung raihan prestasi yang ditargetkan KONI Kabupaten Bekasi.

"Target kami adalah juara umum Porprov. Saya sangat yakin dengan potensi mereka akan mampu memberikan prestasi terbaik di ajang itu. Raihan medali nanti yang akan menjadi pembuktian anak-anak yang aktif di skateboard, bahwa olahraga ini memiliki atlet potensial," ucapnya.

Ketua KONI Kabupaten Bekasi Reza Luthfi Hasan mengatakan predikat juara umum selalu menjadi target Kabupaten Bekasi dalam pentas multievent ini.

"Saat menjadi tuan rumah pada tahun 2014, ketika masih bernama Porda (Pekan Olahraga Daerah) Jawa Barat, Kabupaten Bekasi menjadi juara umum," katanya.

Di luar itu Kabupaten Bekasi juga tidak pernah keluar dari posisi tiga besar dalam persaingan memperebutkan predikat juara umum bersama Kota Bandung dan Kabupaten Bogor.

"Melihat kekuatan yang ada saat ini, kami optimistis mampu meraih predikat juara umum pada Porprov 2022 Jawa Barat mendatang," kata dia.(KR-PRA).

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : M Fikri Setiawan


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021