Bogor, (Antara Megapolitan) - Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor, Jawa Barat, mengerahkan 500 personelnya untuk melakukan pembersihan pasar dari lapak-lapak pedagang kaki lima sisa pembongkaran yang dilakukan Satpol PP pada malam takbiran, Kamis malam.

"Total seluruhnya ada 500 personel DKP yang diturunkan, mereka terdiri atas tukang sapu, petugas kebersihan, operator sampah, semua dikerahkan," kata Kepala DKP Kota Bogor, Irwan Riyanto.

Irwan menyebutkan ada dua titik lokasi pasar yang akan dibersihkan pada malam takbiran yakni Pasar Bogor, dan Pasar Anyar. Kedua lokasi tersebut akan dibersihkan dari lapak-lapak yang ditinggal oleh para PKL.

"Petugas akan bekerja mulai dari 21.00 WIB sampai selesai, dilihat dari situasi di lapangan, mungkin pengerjaan pembersihan ini akan selesai sampai pagi," katanya.

Selain membersihkan lapak-lapak PKL di Jalan MA Salmun, Jalan Sawo Jajar, dan Pasar Bogor. DKP juga membersihkan material pembokaran tempat penampungan sementara yang ada di sekitar Jalan MA Salmun, Jalan Dewi Sartika serta Jalan Nyi Raja Permas.

"Kami mengerahkan 43 mobil truk sampah dan satu alat berat untuk mengangkut material TPS yang sudah dibongkar," kata Irwan.

Irwan menambahkan, DKP menyiagakan anggota kebersihannya yang akan bekerja selama lebaran. Hingga hari kelima lebaran petugas kebersihan tetap bekerja untuk menjadikan Kota Bogor bersih dari sampah.

Sementara itu, Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto menyebutkan, pembongkaran dan pembersihan lapak-lapak ini dilakukan untuk menciptakan Kota Bogor yang bersih, tertib dan lancar saat lebaran kelak.

"Ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan ketertiban warga Kota Bogor dalam menyambut Idul Fitri," kata Bima.

Bima mengapresiasi petugas yang bekerja di malam takbiran untuk membersihkan sudut-sudut Kota Bogor dari sampah sementara sebagian besar masyarakat berkumpul di rumah untuk merayakan takbiran.

"Pengorbanan petugas yang bekerja malam-malam ini bahkan sampai pagi nanti, InsyaAllah apa yang kita lakukan malam ini untuk kemaslahatan, agar warga Kota Bogor tertib di malam takbiran juga saat lebaran nanti bersih dan nyaman," katanya.

Bima mengingatkan, Kota Bogor akan dikunjungi para wisatawan pada lebaran nanti. Oleh karena itu petugas DLLAJ, Satpol PP, DKP dan Kepolisian dikerahkan untuk memastikan keamanan dan kenyaman semua.

"Fokus utama kegiatan malam takbiran ini untuk kebersihan dan ketertiban keamanan," kata Bima.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015