Purwakarta, (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, bakal melakukan penataan kawasan Situ Wanayasa agar lebih bagus dan memiliki daya tarik sebagai objek wisata.

"Situ Wanayasa akan terus dipercantik, agar banyak dikunjungi warga," kata Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi di Purwakarta, Sabtu.

Dia menjelaskan pada dasarnya Pemkab Purwakarta telah memperbaiki kawasan Situ Wanayasa.

Akan tetapi hingga kini situ yang berada di Kecamatan Wanayasa tersebut masih butuh berbagai program perbaikan.

Ia mengatakan tahapan selanjutnya untuk perbaikan kawasan Situ Wanayasa masih akan terus dilakukan, termasuk melakukan perbaikan pengelolaan sebagai objek wisata.

"Sekarang ini, setiap pengunjung masih menikmati indahnya pemandangan alam di sekitar Situ Wanayasa secara gratis. Karena memang belum dikelola dengan baik kawasan situ itu," kata dia.

Rencananya, penataan dan pengelolaan kawasan Situ Wanayasa akan dilakukan seperti objek wisata Taman Sri Baduga Situ Buleud.

Pengelola Taman Sri Baduga Situ Buleud, katanya, tidak memungut biaya masuk kepada pengunjung. Setiap pengunjung bisa bebas menikmati objek wisata itu, tetapi sesuai dengan jam kunjungan yang telah diatur pengelola.

"Situ Wanayasa secara perlahan akan ditata dengan baik, dan kami akan mengembalikan keasrian Situ Wanayasa seperti aslinya," katanya.

Situ Wanayasa potensial untuk dikembangkan, termasuk untuk kepentingan kepariwisataan setempat, karena secara geografis situ tersebut terletak di antara objek wisata lainnya, yakni Tangkuban Parahu, Ciater, dan Waduk Jatiluhur.

Situ Wanayasa terletak 23 kilometer dari pusat kota Purwakarta. Situ Wanayasa berarti Danau Wanayasa dengan luas sekitar tujuh hektare, dikelilingi pohon-pohon, bukit-bukit hijau, dengan air danau yang bersih dan alami.

Di tengah danau tersebut terdapat satu pulau kecil dengan pohon-pohon pinus berlatar belakang Gunung Burangrang.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015