Purwakarta, (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, akan membangun pendopo di setiap desa sebagai tempat berkumpul masyarakat sekaligus untuk menyelesaikan masalah yang muncul di tengah masyarakat.

"Keberadaan pendopo di setiap desa itu sangat penting, minimal sebagai tempat berkumpul atau silaturahmi sesama masyarakat," kata Bupati setempat Dedi Mulyadi, di Purwakarta, Selasa.

Dikatakannya, setiap permasalahan yang melibatkan masyarakat di desa itu tentu bisa muncul kapan saja. Dengan adanya pendopo di setiap desa tersebut, maka permasalahan yang muncul di tengah masyarakat bisa diselesaikan di pendopo oleh tokoh masyarakat desa setempat.

Bupati menyarankan agar setiap permasalahan yang muncul di kalangan masyarakat tidak langsung dilaporkan ke kantor polisi. Alangkah baiknya jika permasalahan itu diselesaikan terlebih dahulu di tingkat RT atau desa.

"Jadi keberadaan pendopo itu penting, salah satunya untuk bermusyawarah di tingkat desa," katanya.

Ia mengatakan, rencana membangun pendopo di setiap desa itu juga bagian dari pembentukan majelis adat di tingkat kabupaten. Sehingga akan terbangun pemberlakuan hukum adat di daerah.

Menurut dia, desa harus menjadi kekuatan budaya serta menjadi basis penguatan adat. Atas hal itu, peradilan adat perlu dihidupkan di tingkat desa, salah satunya dengan menjunjung tinggi musyawarah mufakat.

Dengan diberlakukan peradilan adat, itu juga akan membantu aparat penegak hukum. Sehingga tidak seluruhnya kasus atau permasalahan yang muncul di setiap desa ditangani aparat penegak hukum.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015