Bogor, (Antara Megapolitan) - Gubernur Ahmad Heryawan menyaksikan kemeriahan Hari Jadi ke-70 Jawa Barat di halaman kantor Badan Koordinasi Pemerintah Provinsi (BKPP) wilayah I, Kota Bogor, Minggu.

Kehadiran Gubernur yang akrab disapa Aher tersebut dalam rangka "roadshow" di sejumlah kota salah satunya Kota Bogor melihat kemeriahan Hari Jadi Jawa Barat diisi dengan kegiatan Pesta Rakyat.

Acara peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Barat diawali dengan senam aerobik, Tarian Rampak Gendang, lalu pelepasan 70 ekor burung merpati oleh Aher dan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto.

Beragam kesenian dan kebudayaan ditampilkan, seperti penak silat oleh pendekar yang memberikan kujang pusaka putra kencana muda Indonesia kepada Gubernur Jawa Barat.

"Kegiatan roadshow di Kota Bogor berbeda dengan pelaksanaan Hari Jadi Jawa Barat ke-70 di Garut," kata Aher.

Menurut Aher, road show Hari Jadi ke-70 Jawa Barat perdana dibuka di Garut menampilkan pertunjukan seni, batik khas dari berbagai daerah seperti Bogor, Sukabumi, Depok, dan Cianjur.

"Penampilan seni dan krativitas ini menjadi daya tarik tersendiri dalam Hari Jadi Jawa Barat. Ditambah adanya produk kerajinan lokal," katanya.

Dikatakannya, Kota Bogor merupakan "roadshow" kedua yang didatanginya setelah Garut. Selain kemeriahan pentas musik juga ada pameran yang menambah semarak Hari Jadi Jawa Barat.

"Tidak hanya hingar bingar musik saja yang terdengar, pameran kerajinan juga cukup meriah," katanya.

Menurut Aher, pesta rakyat dalam rangka Hari Jadi Jawa Barat berupaya untuk melestarikan dan mengembangkan keanekaragaman seni budaya dan warisan leluhur dengan mengenalkannyaa di berbagai kesempatan.

"Roadshow ini sebagai upaya mensosialisasikan kepada warga Jawa Barat berbagai program dan pencapaian yang telah dilakukan oleh pemerintah provinsi selama ini," kata dia.

"Sekaligus dalam rangka mendorong semangat pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat agar dapat menampilkan inoasi maupun kreativits yang menginspirasi di sektor ekonomi, sosial, seni dan budaya yang berbasis kearifan lokal serta berkelanjutan," katanya menambahkan.

Menurut Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiator, banyak program Pemerintah Provinsi yang sinkron dengan program Pemerintah Kota Bogor sehingga pihaknya mendukung kegiatan tersebut dalam rangka membantu merealisasikan janji politik Gubernur Jawa Barat.

"Banyak prograam yang sinkron antara program provinsi serta janji politik gubernur, maka itu kita mendukung dengan program yang ada di Kota Bogor, seperti contoh, Jabar berseri singkron untuk Bogor ramah lingkungan," katanya.

Bima menambahkan, terkait penataan transportasi dan pembangunan untuk rencana kedepan dapat dikoordinasikan dengan provinsi.

"Kita berharap, program yang Kota Bogor selenggarakan dapat dibantu oleh pemerintah Provinsi Jawa Barat," ujar Bima.

Pameran produk kerajinan dalam rangka Hari Jadi Jawa Barat ke-70 diikuti oleh OPD provinsi, ada juga bazar, pertunjukan marching band, lomba menggambar dan mewarnai untuk siswa TK dan SD se Kota Bogor.

Puncak peringatan acara tersebut dihadiri oleh penampilan bintang tamu vokalis Setia Band Chary Van Houten yang tampil menghibur warga yang datang menyaksikan kemeriahan Hari Jadi Jawa Barat ke-70.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015