Menjelang bulan Ramadhan, harga kebutuhan pokok di dua pasar besar di Kota Bogor yakni Pasar Bogor dan Pasar Kebon Kembang relatif masih stabil, meskipun ada fluktuasi harga sampai sekitar lima persen.

Dari hasil pemantauan di kedua pasar besar tersebut, pada Kamis hari ini, harga daging sapi Rp120 ribu per kilogram yakni naik sekitar Rp5 ribu atau 4,16 persen dari dua pekan lalu.

Baca juga: Bima Arya sidak harga dan ketersediaan kebutuhan pokok di pasar Bogor

Harga daging ayam broiler Rp38 ribu per kilogram, masih stabil. Harga telur ayam ras Rp23 ribu per kilogram, naik Rp1.000 atau 4,34 persen dari pekan lalu

Harga cabai merah keriting Rp50.000 per kilogram. Harga cabe rawit merah Rp90.000 per kilogram. Harga beras medium Rp10.500 per kilogram. Harga minyak goreng Rp15.000 per liter. Harga gula pasir Rp13.000 per kilogram.

Kepala Bidang Sarana dan Komoditi Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Bogor, Muhammad Sholeh, di Kota Bogor, Kamis, mengatakan, harga kebutuhan pokok di Kota Bogor masih relatif stabil menjelang bulan Ramadhan.

Baca juga: Pemkot Bogor pastikan harga kebutuhan pokok stabil

Menurut Sholeh, belum ada kenaikan harga yang signifikan. "Biasanya, ada kenaikan pada beberapa komoditi seperti telur, daging ayam, dan daging sapi, pada awal bulan Ramadhan, karena permintaannya meningkat," katanya.

Harga cabai masih belum turun, menurut dia, pemasoknya dari Jawa Timur, saat ini mengalami gagal panen karena faktor cuaca, sehingga pasokannya turun sekitar 40 persen. "Kota Bogor bukan daearah penghasil cabai sehingga tergantung pasokan dari daerah lain," katanya.

Baca juga: Pemkot Bogor Pantau Harga Pasar Jelang Ramadhan

Menurut Sholeh, pada tahun-tahun sebelumnya, Disperdagin Kota Bogor selalu menggelar operasi pasar murah pada bulan Ramadhan, untuk menekan kenaikan harga kebutuhan pokok. "Tapi tahun ini belum bisa dipastikan, apakah ada operasi pasar murah pada Ramadhan," katanya.

Pewarta: Riza Harahap

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021