Cibinong, Bogor, (Antara Megapolitan) -Ivan Fadillah Direktur Operasional PT Sayaga Wisata Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menyatakan menggelar festival batu akik dan `handycraft` di gedung kesenian untuk pemberdaya perekonomian masyarakat melalui ekonomi kreatif masyarakat Kabupaten Bogor.

"Festival batu akik pertama dan terbesar berlangsung hingga 12 Juni 2015 untuk menarik wisatawan datang ke Kabupaten Bogor," kata Dirut Operasional PT Sayaga Wisata, Ivan Fadillah di Cibinong, Minggu.

Ia mengatakan kami tidak menargetkan berapa keuntungan yang masuk ke kas perusahan. Tetapi niat untuk meningkatkan jual beli batu akik di Kabupaten Bogor.

Saat ini, kata dia, ada 40 `stand` pameran batu akik dan `handycraft`. Di sini masyarakat bisa melihat koleksi milik masyarakat Kabupaten Bogor. Serta bisa transaksi jual beli batu akik dengan kualitas bagus.

Terkait banyaknya penambangan batu akik di Kabupaten Bogor, kata dia, Pemerintah Kabupaten harus membuat aturan agar masyarakt tidak melakukan penambangan secara ilegal yang bisa merugikan masyarakat sendiri.

Ia berharap pameran ini bisa memotivasi masyarakat menciptakan ide kreatif lainnya untuk membantu peningkatan perkonomian rumah tangga.

" Saya berharap areal gedung kesenian ini, bisa menjadi pusat penjualan batu akik dan oleh-oleh khas Kabupaten Bogor," katanya.

Sementara itu, Ketua panitia festival batu akik dan `handycraft`, Satria mengatakan ada batu akik bongkahan bernilai Rp60 juta yang menjadi daya tarik masyarakat datang ke pameran batu akik terbesar di Kabupaten Bogor.

" Di sini juga disiapkan selain ada batu akik juga ada tempat tempah, ikat batu, semua dijual beli secara legal," katanya.

Ia mengatakan pesertanya datang dari tujuh kota atau kabupaten yang ada disekitar Kabupaten Bogor.

" Ada dari Jakarta, Bekasi, Tanggerang, Depok, Bogor, Cianjur dan Cipanas," katanya.

Festival batu akik dan `handycraft` telah menjadi tempat wisata baru bagi masyarakat Kabupaten Bogor. Ia berharap ada tempat yang pasti untuk pecinta batu memamerkan dan melakukan transaksi jual beli di Kabupaten Bogor.

Ia mengatakan penghasil batu akik di Kabupaten Bogor ada di wilayah Kecamatan Jasinga. Di sana merupakan tempat penghasilan batu akik black oval yang sudah terkenal keseluruh penjuru nusantara.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015