Cibinong, Bogor, (Antara Megapolitan) - Dinas kebudayaan dan pariwisata Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menyelanggrakan festival budaya daerah `Helaran` 2015 untuk meperkenalkan seni dan budaya tradisional ke manca negara dalam rangkkan peringat Hari Jadi Bogor ke-533 tahun.

"Helaran budaya dan seni rutin diselenggarakan di Kabupaten Bogor untuk melestarikan seni budaya hasil dari 40 Kecamatan," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor, Rahmat Surdjana di Cibinong, Minggu.

Ia mengatakan penyelenggaraan helaran dilaksanakan di jalur lambat Jalan Raya Tegar Beriman Cibinong yang mendapatkan dukungan Dewan Kesenian Kabupaten Bogor.

Semua warga bisa menyaksikan langsung kekayaan seni budaya yang ada di Kabupaten Bogor.

"Kami akan mempertahan dan mengenalkan kekayaan seni dan budaya tradisional ke seluruh dunia," katanya.

Ia mengatakan ada seni singa, tari, barongsai, pencak silat dan kesenian khas dari 40 kecamatan di Kabupaten Bogor.

Semua dipersembahkan untuk masyarakat Kabupaten Bogor dan dunia. "Semoga dengan helaran festival seni dan budaya bisa menarik wisatawan datang ke Kabupaten Bogor," karanya.

Ia menyatakan dari helaran ini bisa memotivasi masyarakat Kabupaten Bogor untuk terus mencintai seni budaya tradisional Kabupaten Bogor agar tidak punah dan terus lestari serta dikenal di seluruh dunia.

Sementara itu, Asep peserta helaran sangat senang dengan aksi nyata Pemerintah Kabupaten Bogor untuk melestarikan seni dan budaya tradisional. Walaupun panas dan macet, masyarakat tetap antusias menyaksikan pagelaran seni Kabupaten Bogor.

"Kalau bukan kita yang menjaga siap lagi terima kasi Pemkab Bogor," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015