Citeureup, Bogor (Antara Megapolitan) -  Klinik mata Dr Hasri Ainun Habibie Bogor digandeng PT Indocement Tunggal Prakarsa untuk memberikan layanan operasi katarak gratis bagi warga desa binaan perusahaan produsen semen itu.

"Sebanyak 30 orang warga yang berdomisili di wilayah desa binaan komplek pabrik Citeureup menjadi pasien dalam operasi katarak, yang telah dilaksanakan pada Sabtu (30/5)," kata Corporate Social Responsibility (CSR) Division Manager PT Indocement Sahat Panggabean di Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Ia menjelaskan kegiatan itu adalah rangkaian kegiatan  menyambut HUT ke-40 PT Indocement Tunggal Prakarsa.

Dalam pelaksanaan operasi katarak tersebut, monitoring dilakukan sebanyak tiga kali untuk memastikan pemulihan pasca-operasi.

Seluruh elemen karyawan yang terdiri atas manajemen, staf  hingga "Management Trainee" bahu membahu dalam pelaksanaan acara tersebut.

Pihaknya berharap kegiatan tersebut dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

"Ini merupakan program yang secara langsung dapat diterima manfaatnya oleh penderita katarak di desa binaan dan kami berharap suatu saat nanti tidak ada lagi penderita katarak, khususnya di wilayah desa binaan," katanya.

Ia menambahkan program operasi katarak juga merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap kaum lanjut usia (lansia), yang selama ini seolah terlupakan.

"Oleh karena itu, kami harapkan untuk tahun mendatang jumlah pasien dapat terus diminimalisasi," katanya.

Operasi katarak bagi 12 desa binaan, kata dia, dilakukan setiap tahunnya.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan Indocement Pigo Pramusakati menambahkan kegiatan tersebut  merupakan aplikasi salah satu dari lima pilar CSR Indocement yaitu pilar kesehatan.

Ada pun pilar lainnya adalah pendidikan, ekonomi, sosial-budaya-agama, dan keamanan.

Di samping itu, Indocement juga melanjutkan pembangunan secara berkelanjutan bagi masyarakat desa binaan untuk terus membangun kehidupan yang bermutu.

Program-program tersebut  merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), yang diaplikasikan bagi 12 desa binaan di wilayah tapak perusahaan untuk komplek pabrik Citeureup.

Sebanyak 12 desa binaan Indocement tersebar di tiga kecamatan sekitar area pabrik.

Desa tersebut yakni, Hambalang, Citeureup, Gunung Sari, Tajur, Puspanegara, Tarikolot, Pasirmukti, Lulut, Leuwikaret, Nambo, Bantarjati, dan Gunung Putri.

Pewarta: Andi Jauhari

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015