Bogor,  (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat, menggelar Pawai Budaya Helaran yang akan menampilkan 20 mobil hias dan ratusan peserta pawai dari berbagai komunitas untuk memeriahkan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-533 pada 3 Juni 2015.

"Pawai Budaya Helaran pernah diselenggarakan pada peringatan HJB 12 tahun lalu. Tahun ini kembali kita coba hidupkan untuk memeriahkan HJB," kata Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Syarif Hidayat di Bogor, Jumat.

Ade menyebutkan Pawai Budaya Helaran 2015, selain menampilkan kesenian dari Bogor juga mengundang pemerintah daerah lainnya untuk ikut berpartisipasi menampilkan kesenian, yakni Purwakarta dan Sumedang.

Peserta mobil hias berasal dari kelurahan, kecamatan, SKPD dan swasta yang ada di Kota Bogor. Selain mobil hias akan ada pertunjukan seni budaya dari puluhan komunitas. Parade mobil hias tersebut akan dinilai oleh tim juri, siapa yang menarik dan meriah akan mendapatkan hadiah.

"Selain mobil hias, akan ada parade kuda yang akan dinaikki oleh para pimpinan SKPD Kota Bogor, termasuk Wali Kota Bima Arya Sugiarto," kata Ade.

Ia mengatakan beragam acara dalam memperingati Hari Jadi Bogor telah disiapkan. Selain penyelenggaraan Pawai Budaya Helaran juga diluncurkan Festival Payung. Dalam festival ini ribuan payung akan menghiasi wajah Kota Bogor.

"Perayaan HJB tahun ini melibatkan peran serta masyarakat, semua elemen terlibat. HJB menjadi upaya wujudkan Bogoh Ka Bogor (cinta ke Bogor) yang dilakukan secara bertahap," katanya.

Ade menambahkan beragam kegiatan memperingati Hari Jadi Bogor yang telah disiapkan oleh pemerintah kota diharapkan dapat mendorong kunjungan wisata ke Kota Bogor.

Sementara itu, pada penyelenggaraan Pawai Budaya Helaran, parade 20 mobil hias akan berkeliling Kota Bogor. Sejumlah arus lalu lintas akan dialihkan untuk menghindari kemacetan seperti di Jalan Ahmad Yani, Jalan Sudirman, Jalan Jalak Harupat, Jalan Pajajaran dan Warung Jambu.

Kanit Humas Polres Bogor, Aiptu Mansyur menyebutkan rencana pengalihan arus lalu lintas telah disiapkan dan diinformasikan kepada masyarakat melalui sosial media dan penyebaran informasi media.

"Jajaran Polres Bogor menurunkan 280 personel, dibantu DLLAJ, Satpol PP, TNI, Polmas dan anggota pengamanan lainnya," kata dia.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015