Bogor, (Antara Megapolitan) - Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bogor, Jawa Barat membentuk satuan khusus yang bertugas untuk menjaga taman agar tidak dirusak dan menjadi sasaran vandalisme yang dilakukan oleh tangan-tangan jahil.

"Satuan khusus ini kami beri nama "Park Ranger", tahap awal total anggota yang bertugas berjumlah 26 orang," kata Kepala Satpol PP, Eko Prabowo, di Bogor, Selasa.

Eko menyebutkan satuan khusus ini telah diberikan tugas awal menjaga dua taman yakni Taman Air Mancur dan Taman Bogor yang berada di pertigaan depan Rumah Dinas Wali Kota.

Kedepan jumlah satuan khusus ini akan disesuaikan dengan bertambahnya jumlah taman yang akan diawasi seperti Taman Ekspresi, Taman Kencana, Taman Heulang dan Hutan Kota.

"Satuan ini memiliki seragam tersendiri, baju kaos, celana pendek selutut dan topi. Petugas juga dilengkapi dengan tongkat pengaman, dan mengendarai sepeda," katanya.

Menurut Eko, pembentukan satuan khusus penjaga taman atau "Park Ranger" merupakan inovasi dari Satpol PP melihat dinamikan yang ada di Kota Bogor. Banyak taman yang sudah dibangun oleh Pemerintah Kota Bogor namun kerap menjadi sasaran vandalisme serta pengrusakan.

"Wali Kota inginkan taman-taman ini terawat dan terjaga, jangan sampai dirusak. Ide ini tercetus membentuk satuan khusus, yang mungkin baru pertama di Jawa Barat," kata Eko.

Eko menyebutkan, menjaga taman merupakan bagian dari tugas Satpol PP dalam menegakkan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2006 tentang ketertiban umum (Tibum).

Anggota Park Ranger bertugas selama 24 jam secara bergantian berpatroli keliling taman. Petugas juga melakukan pengamanan tertutup seperti intel agar tidak dicurigai dan mudah mengincar pelaku pengrusakan dan vandalisme.

"Merusak taman bagian dari pelanggaran Perda Tibum dan pelakunya bisa diproses hukum," katanya.

Selain satuan khusus "Park Ranger", Satpol PP juga akan membentuk satuan khusus untuk menjaga "underpass" yang ada di Jalan Padjajaran yang diberi nama "Park Tunnel".

Dengan adanya satuan khusus ini, lanjut Eko, jumlah personel Satpol PP Kota Bogor akan ditambah. Saat ini tercatat baru ada 251 personel yang terdiri atas 140 personel lapangan dan 100 sekretariatan termasuk piket.

"Sudah dianggarkan Agustus ini akan ada tambahan 100 personel Bapol, kita akan bagi tugas mana yang satuan khusus dan petugas lapangan. Idealnya Kota Bogor memiliki 300 personel Satpol PP," kata dia.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015