Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat fokus mengembangkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sebagai lokomotif pembangunan daerah khususnya di wilayah selatan dalam meningkat kembali gairah pelaku UMKM di saat pandemi COVID-19.

"Wilayah selatan Kabupaten Sukabumi mempunyai potensi yang mumpuni khususnya di sektor pariwisata. Pontensi sumber daya alam tersebut harus dimanfaatkan salah satunya mengembangkan UMKM sebagai lokomotif penggerak pembangunan," kata Asisten Daerah (Asda) I Kabupaten Sukabumi Ade Setiawan di Sukabumi, Selasa.

Baca juga: Produk perawatan kulit karya pemuda Sukabumi tembus pasar nasional

Pengembangan UMKM di wilayah selatan yang dikolaborasikan dengan sektor pariwisata juga mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat khususnya Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI. Apalagi Menko Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Panjaitan sudah beberapa kali berkunjung ke wilayah selatan seperti ke kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu.

Ini menjadi kebanggaan Pemkab Sukabumi karena pemerintah pusat banyak memberikan perhatian kepada dunia pariwisata, investasi dan ekonomi di kabupaten terluas di Pulau Jawa dan Bali tersebut.

Baca juga: Beli produk UMKM karya anak bangsa bantu tingkatkan perekonomian masyarakat (video)

Pihaknya juga terus berupaya mendorong para pelaku UMKM untuk berkarya serta berinovatif dalam membuat berbagai produk yang bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk datang. Diharapkan setelah pandemi berakhir, sektor pariwisata di Kabupaten Sukabumi bisa kembali bangkit sehingga perekonomian warga meningkat.

"Kami mendorong UMKM untuk mengembangkan ekonomi kreatif berbasis sumber daya manusia dan mendorong ekonomi berbasis digital sehingga dapat menarik kunjungan wisata ke Kabupaten Sukabumi," tambahnya.

Baca juga: Pemkab Sukabumi libatkan UMKM produksi masker untuk masyarakat

Di sisi lain, untuk mendukung pembangunan di wilayah selatan sekaligu dalam upaya meningkatkan perekonomian warga, Pemkab Sukabumi saat ini sedang memperbaiki berbagai insfrastruktur yang ada di wilayah Kecamatan Ciracap yang merupakan pusat dari objek wisata Pantai Ujung Genteng.

Di lokasi tersebut, mempunyai objek wisata yang tidak semua daerah memilikinya yakni penangkaran penyu. Tidak hanya di sektor pariwisata, Pemkab Sulabumi pun melirik kawasan Ujung Genteng untuk dijadikan tempat mengembangan sektor perikanan.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021